Bridgestone Gandeng Kodiak Robotics Ciptakan Truk Otonom

Bridgestone Gandeng Kodiak Robotics Ciptakan Truk Otonom

KabarOto.com - Bridgestone Americas mengumumkan investasinya di Kodiak Robotics, sebuah perusahaan teknologi ternama di Amerika Serikat yang mengembangkan pengendalian truk dengan teknologi swakemudi (otonom) atau otomatis.

Kemitraan ini memungkinkan Bridgestone untuk mengintegrasikan solusi teknologi smart sensing ban bagi armada-armada ke dalam truk otonom level 4 milik Kodiak. Bridgestone juga berencana menguji coba teknologi ban pintar dengan kendaraan otonom agar meningkatkan kecerdasan kendaraan menuju masa depan.

Baca Juga: Covid-19 Di India Merebak, Bridgestone Kontribusi Alat-alat Kesehatan

“Kendaraan otonom menawarkan sejumlah manfaat bagi pelanggan armada komersial dan masyarakat, termasuk perjalanan yang lebih aman, kemampuan untuk mengurangi kecelakaan tak terduga serta penghematan dan efisiensi bahan bakar hingga 20%,” kata Paolo Ferrari selaku Global Chief Solutions Officer, Bridgestone Corporation, and President & CEO, Bridgestone Americas.

Kodiak mengembangkan teknologi agar truk dapat mengantarkan barang kepada pelanggannya dengan armada truk jarak jauh dengan teknologi swakemudi level 4 (kendaraan dapat beroperasi sendiri namun masih bisa diambil alih oleh manusia kapan saja).

Baca Juga: Bridgestone Resmikan Truck Tire Center Khusus Mobil Niaga Di Semarang

Rangkaian teknologi berbasis cloud milik Bridgestone dapat memanfaatkan data kendaraan untuk membantu memprediksi kondisi performa, keamanan serta perawatan ban dan pengoptimalan masa pakai ban.

“Kodiak dan Bridgestone akan bekerja sama untuk meningkatkan teknologi truk swakemudi. Mulai dari sensor pintar ban hingga perawatan prediktif,” ujar Don Burnette, Co-founder and CEO, Kodiak Robotics.