Sirkuit Formula E Dipastikan Berlangsung Di Ancol

Sirkuit Formula E Dipastikan Berlangsung di Ancol ajang balap mobil listrik Formula E (Foto: Istimea)

KabarOto.com - Formula E dipastikan akan berlangsung di Jakarta, tahun 2022 mendatang. Namun belum ada kabar lokasi sirkuit balapan mobil ramah lingkungan tersebut, beberapa waktu lalu.

Kini, pertanyaan tentang dimana lokasi sirkuit Formula E sudah terjawab. Kawasan Ancol Jakarta Utara, digadang-gadang bakal menjadi tempat diselenggarakannya balapan tersebut.

Baca juga: Mobil Formula E Gen3 Akan Dibuat Efisien

Hal itu dikatakan Ketua Organizing Commitee Formula E, Ahmad Sahroni. Dia memastikan ajang balap Formula E 2022 seri Jakarta dipastikan diselanggarakan di Ancol. "Tadi pagi diberikan approval sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah sirkuit Jakarta E Prix 2022 di Ancol," jelas Sahroni.

Ancol jadi tempat berlangsungnya Formula E (Foto: Istimewa)



Dia memaparkan kembali, Ancol dipilih menjadi lokasi sirkuit, karena kondisi jalanan yang sudah siap kurang lebih 60 persen. Sedangkan 40 persen sisanya akan dibangun dengan proses pengaspalan serta pergeseran pedesterian. "Sirkuit direncakan akan selesai April 2022," tambahnya.

Panjang sirkuit direncanakakan mencapai 2,4 km dengan lebar 16 meter. Ada 18 tikungan dengan panjang trek lurus 600 meter. Event balap mobil listrik yang berlangsung pada 4 Juni 2022 ini, tak akan menggunakan dana APBD melainkan dana dari Jakpro dan sponsor dari swasta.

Jalur yang ada di Ancol sudah disetujui dan dirancang langsung oleh pihak FEO dan FIA. "Ancol akan ditutup pada saat berlangsungnya event tersebut," tutupnya. Untuk diketahui, sebenarnya Ancol bukan pertama kali ini menggelar event balap.

Baca juga: Jadwal Formula E 2022 Musim 8, Jakarta 4 Juni 2022

Di awal-awal perkembangan dunia motorsport di Indonesia, sekitar tahun 1976, tempat ini sering kali menggelar berbagai event balap internasional, sebelum Sirkuit Sentul resmi berdisi tahun 1994.