POPULAR STORIES

Sirkuit Jerez Perpanjang Kontrak Dengan MotoGP Hingga 2026

Sirkuit Jerez Perpanjang Kontrak dengan MotoGP Hingga 2026 Circuito de Jerez-Angel Nieto

KabarOto.com – Menjelang MotoGP Spanyol yang akan berlangsung pada akhir pekan depan (02/05) mendatang, Circuito de Jerez-Angel Nieto alias sirkuit Jerez resmi memperpanjang kontrak sebagai tuan rumah MotoGP.

Berdasarkan kontrak yang baru-baru ini diperpanjang selama 5 tahun mendatang atau hingga 2026. Tetapi, kontrak baru ini termasuk unik karena Sirkuit ini belum bisa dipastikan bisa menggelar balapan kelas utama di tahun 2024 dan 2026.

Baca juga: Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2026

Artinya, Sirkuit Jerez hanya bisa menggelar balapan pada tahun 2022, 2023 dan 2025 saja. Untuk tahun 2024 dan 2026 masih belum ada kepastian berupa klausul yang mungkin akan diaktifkan dalam kondisi tertentu. Pihak Dorna Sports juga akan merancang rotasi sirkuit di wilayah Spanyol dan mulai berlaku tahun depan.

MotoGP Spanyol 2020

Karena banyaknya sirkuit yang masuk dalam kalender MotoGP 2022 termasuk Sirkuit Mandalika, Indonesia membuat pihak penyelenggara harus mengurangi jatah masing-masing sirkuit termasuk Spanyol. Pihak Dorna menilai 4 balapan di negara El Matator tersebut termasuk Jerez, Aragon, Catalunya dan Valencia.

“FIM membawa negara-negara baru ke kelas utama, itulah harga yang dibayar Dorna saat ini. Kita bisa keluar permanen dan tidak menandatangi kontrak atau kita mau untuk menggelar tiga balapan itu. Saya pikir Jerez bisa menggelar balapan tiap tahun, tapi kali ini tidak bisa. Jadi saya tetap menandatangani itu atau tidak ada balapan sama sekali,” ungkap Mamen Sanchez selaku Wali Kota Jerez de la Frontera.

Baca juga: Resmi, Yamaha NMax 125 Jadi Motor Operasional MotoGP

Karena 4 sirkuit tersebut sama beratnya, alhasil pihak Dorna milih solusi untuk melalukan rotasi agar adil. Dan targetnya, keempat sirkuit itu paling tidak bisa menggelar 3 balapan dalam 5 musim.

“Kami hanya bisa memberi 3 dari 5 balapan, yang mana itu sudah dinegosiasikan dengan pemimpin Andalusia dan kota Jerez, tetapi saya harap untuk ke depannya bisa lebih banyak balapan. FIM juga mendesak kami untuk mengadakan balapan di tempat yang belum pernah di adakan sebelumnya,” tutup Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.