Sirkuit Losail Direnovasi, Mandalika Berpeluang Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023

Sirkuit Losail Direnovasi, Mandalika Berpeluang Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023 Losail International Circuit, Sumber Foto : Dorna Sports

KabarOto.com – Sirkuit Internasional Losail, Qatar akan direnovasi secara besar-besaran dan kemungkinan tidak bisa menjadi tuan rumah seri pembuka MotoGP 2023.

Seperti yang diketahui, Qatar telah masuk kalender MotoGP sejak 2004 dan menjadi salah satu negara di Timur Tengan dengan fasilitas balap besar pertama. Lalu, Losail menjadi seri pembuka MotoGP sejak 2007 dan pada 2008 mencetak sejarah sebagai negara pertama yang mengadakan balap pada malam hari.

Baca Juga : Bastianini Akui Kemenangannya Di MotoGP Prancis Hasil Kerja Keras Tim Mekanik

Kontrak Sirkuit Losail ini sebenarnya sudah diperpanjang dari 2019 hingga 2031. Namun, karena peningkatan fasilitas yang terjadi menjelang balapan tahun depan termasuk kembalinya F1 setelah debut 2021, Qatar pun pindah slot jadwal ke akhir musim 2023.

“Sirkuit Internasional Qatar akan menjalani renovasi dan perubahan besar pada area paddock dan fasilitas untuk 2023. Lintasan ini sudah dikonfirmasi dalam kalender MotoGP setidaknya hingga 2031. Pengerjaan renovasi ini akan melihat venue motorsport unggulan Timur Tengah itu sebagai salah satu fasilitas balap dengan perlengkapan terbaik di dunia,” ungkap pihak Dorna Sports melalui pernyataan resmi.

Baca Juga : Resmi! Nomor 46 Dipensiunkan Dari MotoGP

Beberapa paddock bakal dibangun kembali untuk menciptakan pengalaman lebih baik bagi semua pembalap serta para penggemar yang mengunjungi Losail.

F1 Qatar 2021, sumber foto : F1

Selain menjadi venue MotoGP, Sirkuit ini juga menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) dan menggelar balap F1 untuk mengisi slot kosong. Demi melancarkan dua event bergengsi tersebut, pihak pengelola sirkuit sudah merencanakan untuk melakukan perombakan.

Oleh karena itu, seri pembuka 2023 tidak akan digelar di Qatar. Adapun beberapa pilihan sebagai pengganti seperti Philip Island, GP Australia bisa berjalan jika cuaca mendukung. Selain itu, Sirkuit Pertamina Mandalika juga memiliki kesempatan untuk menjadi seri pembuka musim depan.