POPULAR STORIES

Sistem Tilang E-TLE Hanya Untuk Kendaraan Pelat B

Sistem Tilang E-TLE Hanya Untuk Kendaraan Pelat B Rambu E-TLE (ist)

KabarOto.com - Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya menyatakan, pada tahap pertama diterapkannya penindakan sistem Elektronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang berbasis CCTV, pihaknya baru bisa memberikan tilang, hanya kepada kendaraan berpelat B.

Sedangkan bagi kendaraan luar Jakarta yang melanggar, akan diberikan tilang manual oleh petugas di lapangan. Jadi yang di luar pelat B, untuk E-TLE ini masih belum terekam, karena berkaitan dengan database kendaraan.

"Kalau yang non B saya tidak punya, karena ada polisi di lapangan (jika pelanggaran bukan plat B), kan sudah diberitahukan, jam sekian ini. Kendaraan B sekian atau mungkin S, atau L atau apa itu yang Non B, diberitahukan oleh anggota di lapangan. Kan ini hanya beberapa titik. Dan ini pergerakan ini (kendaraan) ke titik yang lain ya," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf.

Baca juga: Biar Enggak Bingung, Ini Beda E-Tilang Dengan ETLE

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf (KO)

Meski begitu, tambah Yusuf, jika sistem E-TLE berhasil diterapkan di Jakarta maka tidak menutup kemungkinan tahun depan semua data kendaraan yang melanggar E-TLE bisa dilakukan penindakan secara elektronik.

"Tahun depan kita akan connect dengan Korlantas. Korlantas punya semua data kendaraan di Indonesia. Insha Allah (tahun depan diluar plat B bisa ditindak)," harap Yusuf.

Baca Juga: Biar Enggak Bingung, Ini Beda E-Tilang Dengan ETLE

Seperti diketahui, sejak Kamis (1/11/2018) Dirlantas Polda Metro Jaya resmi menerapkan sistem E-TLE di sepanjang ruas Sudirman-Thamrin, setelah dilakukan uji coba selama satu bulan.

Yusuf mengatakan sistem tersebut dinilai efektif karena terbukti mampu mengurangi pelanggar lalu lintas.

"Kemarin (uji coba) efektif dari mulai pertama kali, minggu pertama kurang lebih ratusan ya. Kemudian minggu kedua turun bahkan terakhir kemarin sampai terjadi penurunan signifikan. Ini menandakan bahwa masyarakat sudah mengetahui di situ ada kamera. Kamera CCTV sehingga mereka waspada dan tertib," pungkasnya.