POPULAR STORIES

Skuter Listrik Bajaj Chetak Akan Diluncurkan, Siap Mengaspal Tahun Depan

Skuter Listrik Bajaj Chetak akan Diluncurkan, Siap Mengaspal Tahun Depan

KabarOto.com – Bajaj Auto sebagai salah satu produsen asal India membangkitkan kembali Chetak setelah tidak mengalami perubahan selama 14 tahun, model baru Chetak hadir sebagai skuter listrik pertamanya dan akan mulai diproduksi pada 25 September 2019 di Pabrik Bajaj, Chakan.

Skuter listrik Bajaj Chetak akan diluncurkan secara komersial pada Januari 2020 sekaligus mengumumkan informasi rinci mengenai spesifikasi skuter listrik ini lebih lanjut kepada publik. Skuter listrik ini akan tergabung di bawah merek Urbanite sebagai merek mobilitas elektrik baru dari Bajaj dan akan menjadi kendaraan listrik pertama dibawah naungan perusahaan Bajaj Urbanite.

Baca juga: Bajaj-bajaj Ini Berubah Fungsi Menjadi Warung Makan

Secara desain, bentuknya mirip dengan Vespa Primavera dengan lekukan dinamis dan dimensi kompak, skuter listrik ini terlihat kokoh dengan roda aaloy berukuran 12 inci dengan bodi berbahan logam dalam desain neo-retro. Bajaj Chetak yang baru menggunakan headlamp LED dengan garis LED DRL, tetap mempertahankan instrument cluster digital bergaya retro yang bundar.

Sampai saat ini, spesifikasi rinci mengenai skuter listrik ini belum diinformasikan, tetapi Bajaj mengungkapkan bahwa Chetak baru akan datang dengan baterai lithium-ion berteknologi tinggi dengan nilai IP67 dengan sel Nikel Cobalt Aluminium Oxide (NCA). Baterai yang dibekalinya dapat diisi ulang menggunakan outlet listrik rumah tangga bertegangan 5-15 Ampere,terdapat sistem manajemen baterai cerdas yang mengontrol pengisian dan konsumsi daya baterai serta sistem pengereman regenerative untuk pengisian daya saatskuter sedang berjalan.

Baca juga: Bajaj Kembangkan Fulsar Dengan Mesin 250 CC

Sedangkan untuk performanya, skuter listrik Bajaj Chetak memiliki 2 mode penggerak yaitu mode Ekonomi (E) dan Sport (S), dengan kecepatan maksimal yang bisa ditempuh sekitar 60 kpj. Bajaj mengklaim kisaran jarak tempuh yang bisa dituntaskan baterai dalam satu kali pengisian daya adalah sekitar 100 kilometer dalam mode ekonomi.

Skuter listrik Bajaj Chetak dikabarkan akan diluncurkan secara komersial pada Januari 2020 dengan pengiriman di Pune sebagai pasar awal diikuti oleh Bengaluru setelahnya. Skuter listrik Bajaj diperkirakan akan dibanderol di bawah ? 1.5 lakh atau jika dirupiahkan sekitar Rp 30 jutaan, Bajaj Chetak akan dijual di seluruh India melalui dealer Bajaj Pro-Biking. (Nora Dian Pratama)