POPULAR STORIES

Skuter Listrik Gogoro Pulse Asal Taiwan, Utamakan Performa

Skuter Listrik Gogoro Pulse Asal Taiwan, Utamakan Performa Foto: Gogoro

KabarOto.com - Pelopor pertukaran baterai di Taiwan, Gogoro, hadirkan Pulse dengan performa tinggi menawarkan akselerasi cepat, jumlah torsi yang sehat, dan merupakan mobil pertama yang hadir dengan perangkat pintar bertenaga Snapdragon.

Gogoro didirikan pada 2011 dan sejak itu terus merilis skuter listrik serta menyiapkan ribuan stasiun hotswap baterai yang memungkinkan pengendara untuk berhenti, mengeluarkan satu atau dua paket yang sudah habis dan dengan cepat menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Gibran Pakai Motor Sport Listrik Buatan Lokal Di Kampanye Akbar

Didesain melalui simulasi digital, seperti model motor segala medan yang baru-baru ini terungkap, produk andalan terbaru perusahaan ini tampaknya telah meninggalkan model desain imut skuter masa lalu.

Sasis bersudut telah dirancang dengan mempertimbangkan pengurangan hambatan, tetapi juga berfungsi untuk mendinginkan motor listrik sebagai bagian dari sistem air/udara hibrida. Gogoro Pulse ini mengandalkan motor listrik H1 9-kW.

Sistem pintar Hypercore dari perusahaan ini menghasilkan torsi sebesar 378 Nm pada roda belakang, sekaligus memberikan kontrol traksi canggih. Gogoro telah mengonfirmasi bahwa jarak berkendara maksimal per pertukaran baterai (pada kecepatan 30 kpj) adalah sekitar 170 km, namun hal ini sangat bergantung pada gaya berkendara.

Sanggup berlari hingga 50 kpj dalam 3,05 detik, dan kecepatan tertingginya adalah 116 kpj. Dasbor digital HD 10,25 inci akan mengingatkan pengendara tentang GoStasiun penukaran baterai terdekat serta sisa daya.

Kokpit cerdas ini memanfaatkan kekuatan pemrosesan chipset Snapdragon QWM2290 baru dari Qualcomm, dan layarnya mencakup fitur-fitur seperti navigasi belokan demi belokan dengan pembaruan lalu lintas waktu nyata, serta info perjalanan seperti kecepatan saat ini dan tingkat daya. Ada enam mode berkendara yang tersedia, dipilih menggunakan dial khusus di stang.

Baca juga: Gunakan Penggerak Dua Roda, Motor Listrik Motowatt W1X Resmi Diperkenalkan

Pulse juga dapat dikunci/dibuka dan dinyalakan dari jarak jauh menggunakan iPhone dan Apple Watch, dan pengendara dapat menggunakan jaringan Find Me dari Apple untuk menemukan skuter pintar.

Spesifikasi dan detail selengkapnya masih belum diketahui, tetapi Gogoro telah memperkenalkan sistem pencahayaan matriks aktif, terdiri dari 13 rangkaian LED yang dirancang untuk menyesuaikan diri dengan kecepatan pengendara, belokan, dan bahkan kondisi cuaca. Matriks tersebut, misalnya, akan memperluas jangkauan sorotan lampu depan saat skuter melaju kencang, dan menyebarkan jangkauan yang lebih luas saat menikung.

Saat ini belum ada informasi mengenai harga atau ketersediaan unit, meskipun pihak Gogoro baru-baru ini berekspansi ke pasar global seperti Filipina, India, Singapura, Korea Selatan dan Israel. Pulse akan mulai dikirimkan ke pelanggan di Taiwan mulai akhir kuartal kedua 2024.

Berita Terkait

Berita Terkait