Skuter Listrik Perkotaan Husqvarna Vektorr, Meluncur Awal 2022

Skuter Listrik Perkotaan Husqvarna Vektorr, Meluncur Awal 2022 Sumber Foto : Husqvarna

KabarOto.com – Pabrikan motor off-road asal Swedia, Husqvarna kini memamerkan produk anyarnya untuk bisnis e-mobility.

Beberapa waktu lalu, Husqvarna menunjukkan motor listrik konsep pertama mereka yang bernama E-Pilen. Husqvarna Vektorr ini dibuat dari basis skuter listrik Bajaj Chetak yang telah dijual di kota-kota tertentu di India.

Baca Juga : Skuter Listrik Piaggio One Bulan Depan Dibanderol Rp50,5 Juta

Vektorr Concept adalah skuter listrik pertama yang diproduksi oleh Husqvarna Motorcycles dan ditujukan sebagai komuter perkotaan. "Transportasi pribadi yang kompak, bergaya dan efektif untuk menyesuaikan gaya hidup mereka yang sibuk," ungkap pihak Husqvarna.

Walaupun memakai basis dari Bajaj, Husqvarna Vektorr memiliki desain bodi yang modern dan futuristis. Lampu depan bundar LED yang dilengkapi DRL LED berbentuk cincin. Sekujur bodi dibalur warna hitam-putih dengan sedikit aksen kuning flouresen khas Husqvarna di sepanjang sisi dan pelek dengan ukuran 12 inci ini.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan trailing link satu sisi, lengan ayun satu sisi dengan shock mono di belakang. Lengan ayun ini disandingkan dengan transmisi untuk mengirimkan daya ke roda. Sistem penggerak menggunakan belt.

Velg ukuranr 12 inci disandingkan dengan suspensi depan satu sisi dan lengan ayun

Husqvarna Vektorr diklaim mampu menempuh jarak hingga 95 km (dalam mode Eco) dengan muatan penuh dan memiliki kecepatan tertinggi 45 kpj. Pembatasan ini tidak hanya membantu jarak tempuh skuter elektrik saja, tetapi juga untuk memenuhi standar lisensi AM untuk orang di atas usia 16 tahun di Eropa. Dalam mode Sport, Bajaj Chetak mampu mencapai kecepatan 70 kpj, tetapi dalam mode ini hanya memiliki jarak tempuh sejauh 85 km saja.

Saat ini, pihak pabrikan belum memberikan spesifikasi lengkap. Jika melihat dari Chetak, skuter ini memiliki paket baterai Lithium-ion 3 kWh dan memiliki motor listrik dengan output dari 3,8 kW hingga 4,1 kW dan memiliki torsi hingga 16 Nm. Untuk pengisian daya membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

Baca Juga : Profil Husqvarna EE5, Motocross Kecil Bertenaga Listrik

Vektorr kemungkinan akan hadir dengan rem cakram ganda tetapi hanya sistem rem kombinasi bukan ABS, bersama dengan mode berkendara, konektivitas Bluetooh dan mode mundur.

Husqvarna Vektorr akan mulai diproduksi pada awal 2022 mendatang dan akan diproduksi di pabrik Bajaj di Chakan, India. Jadi bagaimana Sob, tertarik?