POPULAR STORIES

Skutik Masih Jadi Andalan Honda Untuk Ekspor

Skutik Masih Jadi Andalan Honda Untuk Ekspor Proses produksi Honda PCX (AHM)

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) seakan tancap gas di awal tahun 2019 ini, membukukan performa yang cukup positif dalam hal ekspor sepeda motor Honda.

Pada bulan pertama 2019, ekspor sepeda motor Honda dalam kondisi utuh (CBU/Completely Built Up) melonjak 175% dibandingkan dengan Januari 2018 atau jauh melampaui pertumbuhan ekspor industri sepeda motor.

Ragam produk motor Honda di Indonesia

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), ekspor sepeda motor secara nasional pada Januari 2019 tercatat sebanyak 67.016 unit atau meningkat 76,3% dibandingkan ekspor nasional pada Januari 2018 yang hanya sebanyak 38.021 unit.

AHM pada bulan pertama tahun ini, berhasil mengekspor 17.300 unit motor atau berkontribusi sebesar 25 % terhadap kinerja ekspor sepeda motor nasional. Pada bulan yang sama tahun lalu ekspor CBU AHM tercatat 6.281 unit.

Baca Juga: Ekspor Honda Vario Tahun 2018 Melonjak 2 Kali Lipat

Bila dilihat dari tipe motor yang diekspor AHM, sumbangsih terbesar ekspor sepeda motor Honda masih berasal dari jenis skutik, yaitu sebanyak 16.412 unit, diikuti oleh tipe sport sebanyak 728 unit, dan motor bebek 160 unit.

Skutik CBU untuk pasar ekspor

"Lonjakan pertumbuhan ekspor ini tidak dapat dipisahkan dari daya saing produk yang diproduksi anak bangsa di pasar ekspor. Kami yakin motor Honda produksi AHM ini akan semakin disukai tidak hanya di pasar domestik tapi juga di pasar ekspor di masa-masa mendatang," ujar General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet.

Lebih lanjut ia mengungkap, bahwa ekspor motor CBU AHM di bulan pertama tahun ini mayoritas untuk memenuhi permintaan dari pasar motor di negara Bangladesh dan Filipina.

Dengan pencapaian positif di awal tahun ini, AHM memperkirakan ekspor motor CBU sepanjang tahun 2019 akan pertumbuhan dibanding dengan pencapaian tahun 2018.

Baca Juga: Honda Lakukan Penyegaran Pada Mobilio Dan Civic Turbo Sedan

"Kami optimis dengan indikasi positif pada awal tahun ini akan mengantarkan ekspor sepeda motor Honda tahun ini tumbuh sekitar 40% - 50% hingga akhir tahun 2019,” Pungkas Kurniawati.