Smart Hybrid Bentuk Kepedulian Suzuki Terhadap Lingkungan

Smart Hybrid Bentuk Kepedulian Suzuki Terhadap Lingkungan Foto: Maruti Suzuki dan Benny

KabarOto.com - Kebutuhan akan mobil ramah lingkungan namun berteknologi maju semakin mengemuka saat ini. Upaya yang kita lakukan hari ini akan bermanfaat bagi generasi masa depan.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) peduli terhadap lingkungan dan perkembangan teknologinya, sebagai bentuk dukungan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca pada 2030 maka perusahaan asal Jepang tersebut, melakukan pengembangan teknologi ramah lingkungan.

Salah satu bukti nyata adalah dengan mengembangkan teknologi Suzuki Smart Hybrid, teknologi ini sebagai solusi untuk mengurangi emisi CO2 juga efisien bahan bakar. Namun tidak lepas untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk memilikinya, dengan melabeli harga yang terjangkau.

Baca juga: Songsong Era Baru Kendaraan Ramah Lingkungan, Suzuki Smart Hybrid Tampil Di IIMS 2022

Teknologi Suzuki Smart Hybrid diperkenalkan di IIMS Hybrid 2022

“Penerapan Suzuki Smart Hybrid pada kendaraan dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Suzuki Smart Hybrid juga merupakan sistem elektrifikasi yang paling terjangkau dari segi harga. Ketiga manfaat inilah yang kami yakini dibutuhkan masyarakat Indonesia saat ini,” ujar Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS.

Berdasarkan penelusuran KabarOto, teknologi Suzuki Smart Hybrid ini ternyata sudah diterapkan pada beberapa model mobil yang dipasarkan di India. Berdasarkan penelusuran di web Maruti Suzuki, Smart Hybrid adalah teknologi otomotif canggih yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2015 di Ciaz, menjadikannya sebagai mobil hybrid ringan pertama di India oleh Maruti Suzuki. Sejak itu, teknologi Smart Hybrid telah masuk ke dalam 6 model mobil dalam jajaran Maruti Suzuki yakni Baleno, Ciaz, Ertiga, S-Cross, Vitara Brezza dan XL6.

Dijelaskan pada website Maruti Suzuki, Smart Hybrid adalah teknologi canggih yang membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan meningkatkan performa berkendara. Mesin secara otomatis berhenti saat idle dan mulai tanpa suara saat kondisi optimal terpenuhi pada transmisi manual dan otomatis. Muncul dengan pengaturan baterai ganda termasuk Baterai Lithium Ion.

Baterai berkapasitas tinggi ini menyimpan energi yang dihasilkan selama pengereman untuk membantu start-stop idle engine dan fungsi bantuan torsi. Energi yang tersimpan dalam baterai Lithium-ion membantu selama akselerasi yang membantu mesin dalam memberikan akselerasi dan kinerja yang optimal.

Direkayasa dengan mempertimbangkan keberlanjutan, Smart Hybrid adalah langkah progresif menuju masa depan yang lebih hijau. Pada saat yang sama, ia memiliki peran penting dalam kinerja mengemudi mobil dan efisiensi bahan bakar yang dihasilkannya.

Menarik, bukan? Mari kita lihat bagaimana semuanya bekerja melalui video di bawah ini:

Baca juga: Suzuki Hybrid Segera Diperkenalkan, Tahun Ini

Pihak PT SIS masih bungkam perihal kapan Suzuki Smart Hybrid ini akan diterapkan, namun dari model purwa rupa yang ditampilan di IIMS Hybrid 2022 ini, baik dari sasis dan penempatan mesinnya, kemungkinan bisa saja Suzuki Ertiga terbaru akan hadir dengan teknologi modern tersebut.

Karena saat ini kendaraan MPV seperti Ertiga dengan daya angkut 7 penumpang, menjadi primadona pengguna kendaraan di Indonesia. Apalagi dengan kebiasaan orang di sini yang selalu bepergian mengunjungi sanak famili, dengan membawa seluruh keluarganya.

“Kami melakukan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, termasuk kebutuhan akan teknologi ramah lingkungan yang hemat bahan bakar dan harganya terjangkau. Untuk itulah, kami yakin bahwa Suzuki Smart Hybrid bisa menjadi solusi tepat dan pilihan smart bagi masyarakat,” tutup Yulius Purwanto.

Teknologi-teknologi Suzuki dalam menghadapi era hybrid yang lebih modern ini disematkan dalam tiga unit mobil konsep yang dipamerkan Suzuki selama IIMS Hybrid 2022. Menghadirkan unit display modifikasi XL7 dan New Carry Pick Up sebagai produk unggulan dan backbone penjualan untuk mobil penumpang dan mobil komersial Suzuki.

Suzuki menambahkan aksen dan instrumen di setiap mobil agar pengunjung bisa merasakan pengalaman unik dan real lewat stimulus panca indera penglihatan, penciuman, pendengaran, dan peraba yang dapat dirasakan ketika pengunjung masuk ke dalam tiga unit mobil modifikasi ini. Selain stimulus empat panca indera, di dalam mobil modifikasi XL7 Camper Van, New Carry Surf Course, dan New Carry Coffee Truck, Suzuki juga menyematkan easter egg yang dapat ditemukan ketika pengunjung dengan jeli mencari teaser dari Suzuki.