POPULAR STORIES

Smart Perkenalkan Tiga Model Baru Mobil Elektrik

Smart Perkenalkan Tiga Model Baru Mobil Elektrik

KabarOto.com - Pabrikan mobil Smart ForTwo asal Jerman, baru-baru ini meluncurkan model barunya. Model terbaru ini adalah Smart EQ 2020. Mobil-mobil ini meluncur di ajang Frankfurt International Motor Show 2019. Namun, bukan mobil biasa yang diluncurkan Smart, melainkan mobil-mobil jenis elektrik.

Ada tiga jenis Smart EQ 2020 yang diluncurkan oleh Smart. Mobil-mobil tersebut adalah Smart EQ ForTwo, Smart EQ ForTwo Cabrio, Smart EQ ForFour.

Secara tampilan, ketiga mobil ini terlihat mirip satu sama lain. Hanya sedikit hal yang membedakan ketiga varian ini. Untuk Smart EQ ForFour terlihat lebih panjang dibanding varian lain. Karena varian ini adalah varian empat pintu. Sementara untuk Smart EQ Cabriolet yang membedakan hanyalah bagian atapnya. Selebihnya ketiga mobil ini memiliki desain yang mirip.

Secara tampilan, mobil ini juga masih mirip dengan varian bensinnya. Bagian yang berbeda terletak di tampang depannya. Grill dari Smart Elektrik ini sudah pindah lebih ke bawah. Selain itu bentuk grillnya juga sudah berubah. Desainnya grillnya sudah menggunakan model jaring-jaring. Bagian grill ini berpadu dengan lampu berbentuk agak membulat. Selain itu, di bagian bumpernya juga terdapat sebuah fog lamp. Juga sepasang saluran udara.

Baca juga: Modifikasi Mazda MX-5 Miata Pakai Mesin Corvette V8

Smart EQ ForTwo Cabrio

Bagian sampingnya mobil ini memiliki bentuk khas, meskipun bentuk keseluruhannya berbeda-beda setiap variannya. Bentuk khas tersebut mulai dari garis bodi, hingga air scope kecil hitam di bagian belakang. Untuk bagian peleknya, Smart menyediakan beberapa pilihan pelek. Seperti yang dilansir dari Daimler, ada empat desain pelek baru. Pilihan warna peleknya adalah abu-abu dan hitam, maupun two tone berdiameter 15 atau 16 inci.

Yang membedakan mobil ini dari samping, memang hanya dimensinya. Varian ForFour terlihat lebih panjang sedikit. Sementara Varian ForTwo Cabriolet terlihat lebih pendek ketika atapnya dibuka.

Smart EQ ForFour

Ketiga model Smart EQ ini menggunakan lampu model membulat. Lampu ini juga dihiasi dengan aksen seperti huruf X. Meskipun mungil, mobil-mobil Smart ini ternyata juga dibekali dengan berbagai teknologi canggih. Dilansir dari Daimler, Aplikasi Smart EQ Control yang cerdas menghadirkan mobilitas yang luar biasa ke Smartphone para pengendara.

Aplikasi ini adalah pendamping digital untuk pengendara Smart, dan memungkinkan mereka untuk memantau status kendaraan mereka dari jarak jauh. Sebagai hasilnya, pengendara dapat selalu mengetahui jarak tempuh kendaraan dan tingkat pengisian baterai. Serta dapat dengan mudah merencanakan perjalanan harian mereka.

Fitur pengaturan suhu sebelum masuk mobil, memungkinkan untuk memanaskan atau mendinginkan kabin dengan mudah melalui aplikasi. Aplikasi canggih ini dapat terhubung dengan layar berukuran 8 inci, terletak di tengah dasbor.

Baca juga: RetroActive, Berawal Dari Obrolan Satu Hobi

Smart EQ ForTwo

Selain aplikasi canggih tersebut, Smart juga menawarkan fitur opsional. Yaitu sistem fast charging. Melansir Daimler, Dengan charger on-board 22 kW opsional dengan fungsi pengisian cepat, model-model baru melakukan pengisian daya dari 10% hingga 80% dalam waktu kurang dari 40 menit. Sementara pengisian dengan charger biasa memakan waktu lebih lama.

Pada ketiga varian ini, mesinnya menggunakan mesin yang sama. Smart EQ menggunakan motor listrik dengan tenaga maksimal di angka 80 dk. Untuk torsinya, diraih secara instan di angka 160 Nm. Mesin ini juga ditenagai oleh baterai lithium-ion sebesar 17.6 kWh.

Namun, karena bentuk bodinya berbeda-beda, maka performa yang dihasilkan oleh setiap varian juga agak berbeda. Untuk Smart EQ ForTwo, jarak yang dapat ditempuh adalah 147-159 km. Dalam keadaan baterai yang terisi penuh. Untuk varian ini, akselerasi 0 ke 60 kpj nya ditempuh dalam waktu 4,8 detik, sementara dari 0 ke 100 kpj ditempuh dalam 11,6 detik.

Interior terlihat sederhana, dengan head unit berkemampuan multimedia

Untuk Smart EQ ForTwo Cabriolet, jarak yang dapat ditempuh berada di angka 145-157 km. Dalam keadaan baterai yang terisi penuh. Akselerasi dari 0 ke 60 kpj nya ditempuh dalam waktu 4,9 detik. Sementara akselerasi dari 0 ke 100 ditempuh dalam waktu 11,9 detik.

Untuk Smart EQ ForFour menempati urutan terbawah masalah tenaga. Hal ini dapat dimaklumkan, karena ukuran bodinya yang lebih besar. Untuk varian empat pintu ini, dapat menempuh jarak 140-153 km. Dalam keadaan baterai terisi penuh. Sementara untuk akselerasi dari 0 ke 60 kpj ditempuh dalam waktu 5,2 detik. Sementara untuk akselerasi dari 0-100 kpj ditempuh dalam 12,7 detik.

Berbicara soal kecepatan maksimal, kecepatan maksimal mobil-mobil ini juga tidak terlalu kencang. Kecepatan maksimalnya dibatasi secara elektronik di angka 130 kpj. Memang mobil ini bukan diciptakan untuk tenaga yang tinggi. Melainkan untuk beraktifitas di kota-kota yang cukup padat.

Bagaimana kira-kira, kalau mobil ini masuk ke Indonesia? Sepertinya cocok untuk digunakan di kota-kota yang padat seperti Jakarta. (Gregorius Nikolaus.P)