Penyebab Dan Solusi Mesin Menggelitik

Penyebab dan Solusi Mesin Menggelitik Mesin mobil menggelitik. (istimewa)

KabarOto.com - Mungkin Anda pernah mendengar istilah Knocking atau mesin menggelitik. Kondisi ini tentu saja amat mengganggu ketika Anda berkendara.

KabarOto.com mencoba memberikan penyebab dan solusi ketika mesin kendaraan Anda mengalami hal ini.

1. Kualitas Bahan Bakar Tidak Bagus

Penggunaan bahan bakar dengan kualitas rendah sangat tidak disarankan. Itu karena dapat menyebabkan mesin kendaraan Anda cepat rusak dan menimbulkan suara menggelitik pada mesin. Gunakanlah bahan bakar dengan kualitas baik agar mesin kendaraan Anda awet dan tahan lama.

2. Saringan Bahan Bakar Kotor

Saringan bahan bakar yang kotor juga dapat terjadinya knocking. Bila saringan bahan bakar kotor, pencampuran bahan bakar dengan udara tidak akan sempurna dan pengapian pada mesin akan mengalami gangguan.

Baca Juga:

3. Sistem Pengapian Tidak Sempurna

Ini ada kaitan dengan kondisi pada busi. Bila busi sudah lemah atau dalam keadaan kotor, pengapian yang dihasilkan akan sangat kecil. Oleh karenanya, pembakaran bahan bakar pada mesin tidak sempurna sehingga akan menyisakan uap yang dapt terbakar kembali.

4. Temperatur Mesin Terlalu Panas

Overheating dapat menyebabkan mesin kendaraan Anda menggelitik, namun gejala ini akan hilang pada saat suhu mesin mobil kembali dingin.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah Anda harus menggunakan BBM dengan kualitas oktan yang sesuai dengan mobil kita. Kemudian, lakukanlah perawatan mesin secara berkala.

Solusi ketiga adalah dengan mengganti filter udara jika sudah aus. Terakhir, mengganti busi kendaraan jika kondisinya sudah tak lagi optimal..

Lakukanlah hal-hal tersebut agar mobil Anda awet dan tahan lama. Janganlah membiarkan kondisi menggelitik pada mesin mobil Anda terus menerus, karena itu merupakan deteksi awal dari kerusakan mesin mobil.