POPULAR STORIES

Penyebab Mobil Susah Dihidupkan

Penyebab Mobil Susah Dihidupkan Foto: www.google.com

KabarOto.com - Apakah Anda pernah mengalami keadaan di mana mobil mendadak tak bisa dinyalakan padahal Anda dalam keadaan terburu-buru. Keadaan itu tentu saja amat menyebalkan.

Lantas, apa saja yang menyebabkan mobil mendadak tak bisa dihidupkan? Berikut ini KabarOto.com mencoba membahas penyebab dan solusi permasalahan ini.

1. Kelistrikan Mobil Bermasalah

Ini merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan mobil tidak dapat dihidupkan. Tidak adanya arus listrik membuat mobil tidak bisa dihidupkan. Ada beberapa bagian di mobil yang berhubungan dengan masalah kelistrikan yang dapat Anda periksa bila mobil tidak bisa dihidupkan.

- Aki Mobil

Sumber utama dari listrik mobil adalah Aki. Jadi bila terjadi masalah dengan mobil yang tidak bisa dihidupkan cobalah periksa kelistrikan pada aki. Apabila aki sudah tidak layak pakai gantilah dengan yang baru.

- Sikring Utama

Pada aki tidak ada masalah maka cobalah periksa sikring utama. Sikring utama biasanya terletak dekat kabel positif pada aki, Jika ada yang putus maka harus diganti atau diperbaiki.

- Starter yang rusak

Jika Aki dan Sikring tidak ada masalah, cobalah periksa soket starter. Bila mobil tidak ada suara pada dynamo starternya saat di nyalakan maka kemungkinan ada gangguan pada soket starternya. Apabila kendor coba diperbaiki. kalau rusak yah buru-buru diganti dengan yang baru.

Baca Juga:

Selain kelistrikan, mobil tidak dapat dihidupkan juga disebabkan oleh beberapa hal lain seperti :

2. Mesin Rusak

Jika tidak ada masalah pada kelistrikan maka cobalah periksa kondisi mesin mobil Anda. Ada beberapa bagian mesin yang dapat menyebabkan mobil tidak dapat dihidupkan seperti:

- Platina

Jika mobil Anda masih menggunakan Platina, tidak ada salahnya memeriksa bagian ini. Posisi Platina harus tepat agar dapat menghidupkan mesin mobil pada saat distarter.

- Karburator

Tidak semua mobil menggunakan teknologi injeksi, bila masih menggunakan karburato cobalah diperiksa kondisinya. kaburator yang kotor dapat menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan.

- Fuel Pump

Fuel pump (Pompa Bahan Bakar) juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa dihidupkan. Bila terjadi gangguan pada saluran pompa bahan bakar maka akan menyebabkan kinerja mesin mobil terganggu.

- Kondisi Busi

Busi juga merupakan salah satu faktor penyebab mobil tidak bisa dihidupkan. Bila busi dalam keadaan kotor maka pengapian pada mesin tidak akan berfungsi sempurna. Jadi jagalah selalu kebersih pada busi mobil Anda.