Solusi Sokbreker Bengkok Honda PCX Lokal

Solusi Sokbreker Bengkok Honda PCX Lokal

KabarOto.com – Pada awal 2018 lalu Honda PCX resmi dirakit lokal, tetapi beberapa masalah naik ke permukaan seperti CVT getar dan sokbreker bengkok. Kali ini KabarOto akan memberikan solusi salah satunya kasus sokbreker bengkok.

Jika bingung untuk mengatasi sok bengkok ini, anda bisa mendatangi Bikers Gear Indonesia yang berlokasi di Perum Taman Fasco blok C8 no.17 Ciputat, Tangerang. Awalnya bengkel ini fokus untuk motor balap, setelah pensiun, Agung Kustian Septiadi sang pemilik bengkel membeli PCX lokal, karena adanya kabar tentang sokbreker bengkok, beliau inisiatif untuk mencari dari mana sumber masalah ini.

Ternyata sumber masalah ini pada dudukan sokbreker yang miring atau tidak simetris. Yang mengakibatkan kinerja sok, terutama bagian ulir, naik turun tidak seimbang. Kasus terparah, bikin sok bocor dan patah.

“Waktu itu pernah ada pelanggan sudah tiga kali ganti sok tapi ya bengkok lagi, bahkan merek Ohlins sampai patah. Salahnya waktu ganti sok, dudukannya belum diperbaiki. Jadi ya percuma kalau sumbernya belum diatasi, ya otomatis masalah ini akan balik lagi,” ujar Agung.

Baca juga: Tidak Hanya Muncul Di Film James Bond Terbaru, Aston Martin Valhalla Dijual 500 Unit Saja

Setelah ada masalah ini, Agung semakin menekuni di bidang ini. Jangan khawatir dengan bengkel ini karena sudah menangani lebih dari 50 Honda PCX dengan sokbreker bengkok selama setahun belakangan ini. Sejauh ini para pelanggan puas dan tidak ada komplain setelah masalah ini diatasi, bahkan banyak pelanggan yang merekomendasikan untuk para pengguna PCX lokal untuk segera memperbaiki agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Saat Agung berbincang dengan tim KabarOto, beliau juga memberikan tata cara memperbaiki masalah ini, berikut tata carannya.

  • Buka bagian bodi belakang, setelah dibuka pastikan posisi motor dalam keadaan tegak, gunakan waterpass untuk memastikan motor tegak.

  • Lalu, cek kemiringan dudukan sok menggunakan waterpass, biasanya posisi gelembung tidak berada di tengah atau tidak simetris, di sini lah letak penyakitnya.

  • Untuk perbaikan, cukup gerinda jalur pengelasan bawaan pabrik, jangan sampai terlalu dalam apalagi terbelah, cukup beberapa millimeter saja.

  • Setelah digerindra, gunakan obeng minus, masukkan ke celah yang sudah digerindra tadi untuk mengungkit ke atas, karena rata-rata dudukan sok bengkoknya ke bawah. Sambal diungkit, perlu cek ulang dengan menggunakan waterpass, sudah lurus atau belum posisinya

  • Jika sudah, maka celah yang sudah digerindra perlu dilas ulang untuk mengisi kekosongan pada celah, bisa dimasukkan kawat ke dalam celah tersebut supaya celah benar-benar terisi dan posisi tidak akan berubah lagi, terakhir cat ulang bekas las tersebut agar terlihat rapih.

Baca juga: 3 Mobil Audi Ini Bakal Muncul Di Film Spider-Man: Far From Home

Karena banyaknya konsumen PCX di seluruh Indonesia, Agung membagikan cara ini ke banyak orang karena terhalang dari jarak yang jauh.

“Karena banyak yang terhalang dengan jarak yang jauh, saya membagikan tata cara perbaikan ini ke banyak grup dan personal, karena saya kasihan dengan kasus seperti ini apalagi sampai sokbrekernya patah,” tutup Agung.

Setelah diperbaiki sumbernya, jika sok anda sudah tidak lurus, direkomendasikan untuk menggantinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain mengatasi problem di atas, bengkel ini juga dapat memperbaiki masalah CVT yang getar. Untuk biaya mengatasi sok ini, Anda perlu mengeluarkan Rp 200 ribu saja. (Rizky Hidayat)