Sosok Mobil Raisa, Yang Siap Bikin Demonstran Mual Dengan 'Nyanyiannya'

Sosok Mobil Raisa, yang Siap Bikin Demonstran Mual dengan 'Nyanyiannya' Kendaraan Raisa (KO/Edo)

KabarOto.com - Di tengah kondisi mencekam demonstrasi 22 Mei di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), terdapat pemandangan unik. Selain membawa kendaraan Baracuda, Water Canon, dan kendaraan taktis lainnya, Polisi ternyata juga turut mengajak Raisa.

Eits, tunggu dulu! Raisa yang dibawa Polisi ke dalam kerumuman demo itu, bukanlah penyanyi papan atas Indonesia, melainkan sebuah kendaraan dengan basis Toyota Hilux yang berfungsi untuk menghalau pendemo.

Baca juga: Kebijakan Satu Arah Di Tol Trans Jawa Diberlakukan, Perhatikan Tanggal Dan Rutenya

Bila Raisa penyanyi asli memiliki suara yang indah nan merdu, lain halnya dengan Raisa yang satu ini. Pendemo bakal dibuat pusing bila mendengar kendaraan Raisa 'menyanyi'.

Dua buah pengeras suara berukuran besar di bagian atas

Adit, salah satu petugas kepolisian yang ditemui KabarOto mengatakan, bahwa mobil Raisa merupakan singkatan dari pengurai massa. Mobil ini dilengkapi dengan pengeras suara berukuran besar, berkekuatan 1.000 watt yang mampu mengeluarkan suara bising.

"Apabila dipasang frequensi tertentu, bunyinya akan sangat memekakkan telinga dan membuat demonstran lari dan bubar," katanya. Lebih lanjut ia mengatakan, "Kalau diaktifkan, dapat mengganggu saraf orang yang mendengarnya. Biasanya bikin mual bahkan sampai muntah, tapi tergantung orangnya juga," ucapnya.

Baca juga: Tahun Depan, Toyota Alphard Dan Velfire Mendapatkan Penyegaran

Saat aksi 22 Mei, Raisa terlihat belum sampai menunjukkan kemampuannya 'menyanyi'. Namun mobil yang memiliki warna hitam dof tersebut digunakan oleh polisi sebagai sarana komunikasi dan mediasi dengan demonstran.

Bumper besi lengkap dengan winch

Tampilan Raisa terlihat gagah, dengan bumper besi yang sering kita temui di mobil off-road, lengkap dengan peralatan winch. Agar terhindar dari lemparan batu atau benda keras, seluruh kacanya dilindungi oleh jaring yang terbuat dari besi.

Di bagian dalamnya, disesaki berbagai peralatan elektronik canggih, termasuk sebuah layar monitor berukuran kecil. Selain menjadi kendaraan untuk membubarkan demonstran, Raisa juga kerap digunakan untuk public announcement bila terjadi bencana alam.

Karena, suara yang keluar dari dua speaker Raisa yang berbentuk kotak itu dapat didengar hingga radius satu kilometer. Gimana sobat KabarOto, penasaran mau dengar suara Raisa?

Berita Terkait

Berita Terkait