POPULAR STORIES

SPBU Pertamina Terapkan Transaksi Contactless

SPBU Pertamina Terapkan Transaksi Contactless Pertamina Persero

KabarOto.com - Wabah virus Corona atau Covid-19 di Indonesia belum usai. Berkaitan hal tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Surabaya, Jawa Timur mengeluarkan peraturan mengenai tatanan new normal.

Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi COVID-19 menyebutkan agar transaksi jual beli dilakukan secara nontunai.

Menyikapi peraturan tersebut Pertamina melakukan uji coba melakukan transaksi nontunai di 93 SPBU di Surabaya. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 1 Juli kemarin.

Baca Juga: Begini Tata Cara Beli BBM Di Pertamina Saat New Normal

Tahap uji coba dilakukan dalam tiga fase. Pertama, transaksi nontunai via aplikasi MyPertamina dilakukan di jalur red carpet, sementara jalur lainnya tetap pembayaran tunai.

Kedua, diberlakukan transaksi nontunai di jalur bahan bakar nonsubsidi seperti Perta series dan Dex series. Ketiga, sebagai fase terakhir diterapkan transaksi nontunai di seluruh jalur pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

Setiap tahapan akan terus dievaluasi. Tak hanya demi meminimalisir kontak melalui benda oleh setiap orang, contactless yang dilakukan Pertamina juga mendukung program Bank Indonesia dengan menggalakkan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT).

Baca Juga: BBM Pertamina Kok Warnanya Berbeda-beda Tiap Jenis? Simak Penjelasannya

"Karena pembayaran secara nontunai atau cashless terbukti sebagai metode transaksi keuangan yang praktis, aman, dan efisien," ujar Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus Rustam Aji.

Tata cara yang berlaku bagi pengguna motor, pastikan posisi kendaraan dan dispenser berjarak 1,5 meter. Selanjutnya konsumen bisa melakukan snap QR Code melalui aplikasi LinkAja dan menunggu bukti pembayaran muncul hingga transaksi dinyatakan berhasil.

Bagi yang menggunakan mobil, pastikan posisi mobil sesuai di titik yang ditetapkan. Jangan lupa matikan mesin dan tak perlu turun dari kendaraan. Karena nanti petugas SPBU akan menghampiri membawa QR Code untuk proses transaksi.