POPULAR STORIES

BBM Pertamina Kok Warnanya Berbeda-beda Tiap Jenis? Simak Penjelasannya

BBM Pertamina Kok Warnanya Berbeda-beda Tiap Jenis? Simak Penjelasannya Foto:Kipli

KabarOto.com - Perusahaan BUMN Pertamina yang merupakan salah satu penyedia bahan bakar di Indonesia menggunakan warna yang berbeda-beda bagi masing-masing produknya, sebut saja warna kuning untuk bahan bakar jenis Premium, hijau untuk Pertalite, biru untuk Pertamax dan merah untuk Pertamax Turbo. Nah, pernah enggak sih Sobat Kabaroto punya pertanyaan mengapa BBM tersebut berwarna-warni?

Melalui telewicara, Tri Yuswidjadjanto selaku ahli konservasi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan penjelasan bahwa menurutnya bahan bakar tersebut sengaja diwarnai sebagai pembeda tiap jenisnya atau oktannya (RON).

"Menggunakan pewarna yang disebut Dyes, fungsinya untuk membedakan, misalnya Pertamax Turbo warna merah, Pertamax biru, Pertalite hijau, Premium kuning," ucap pria yang akrab disapa Prof Yus ini, Sabtu (27/6/2020).

Baca Juga: Soal Bahan Bakar, Pilih Paling Murah? Simak Dulu Penjelasannya

Ia menjelaskan, tujuan diwarnainya bensin tersebut, ialah memudahkan operasional saat di lapangan. "Bagi para konsumen, gunanya agar mereka yakin produk yang dibelinya sesuai, misalnya Pertamax, ya warnanya biru," ucap Yus.

"Kemudian juga untuk mengontrol SPBU supaya enggak curang, jadi kalau mereka menjual Pertamax ya warnanya harus biru. Jangan sampai nanti tertukar dimasukkan ke tangki dispenser yang salah, misalnya Pertamax Turbo tapi keluarnya warna kuning seperti jenis bahan bakar Premium," tutupnya.

Nah, sudah enggak penasaran lagi kan, Sobat KabarOto?