Spesifikasi Kia Niro Terungkap, Harganya Rp497 Jutaan

Spesifikasi Kia Niro Terungkap, Harganya Rp497 Jutaan Kia Niro varian Hybrid dan EV (Dok: Kia)

KabarOto.com – Kia Niro generasi kedua diperkenalkan pada November 2021. Namun, spesifikasi mobil listrik ini baru dipublikasikan pada Januari 2022 lalu. Kia Sweden (Swedia) menjadi yang pertama merilis spesifikasi Kia Niro terbaru, mulai varian Plug-in Hybrid dan listrik penuh.

Kia Niro versi hybrid menghasilkan tenaga 139 dk. Sistem ini menggabungkan mesin Smartstream 1.600 cc GDI empat silinder dan motor listrik baru yang menghasilkan 83 dk. Dengan demikian, output gabungannya adalah 182 dk. Upgrade penting lainnya adalah baterai lithium-ion 11,1 kWh yang memungkinkan jangkauan listrik lebih jauh hingga 60 km.

Baca juga: Tiga Varian Kia EV6 Mendarat Di Australia, Harga Mulai Rp702 Jutaan

Sedangkan untuk Kia Niro EV yang satu ini menggunakan motor listrik bertenaga 201 dk dan torsi 255 Nm. Tenaganya identik dengan generasi sebelumnya meskipun torsinya lebih rendah karena model sebelumnya memiliki 395 Nm.

Baterai memiliki kapasitas yang sama 64,8 kWh memungkinkan jangkauan listrik 463 km. Dalam pengisi daya cepat dan dalam kondisi optimal, baterai EV dapat mencapai 10 hingga 80% dalam 43 menit.

Gambar resmi Kia Niro Hybrid dan Niro EV memperlihatkan bumper depan yang unik dan pelek yang berbeda. EV memiliki asupan tengah yang lebih kecil dan mengurangi trim hitam di sekitarnya dan port pengisian tambahan di bawah gril.

Kia Niro generasi kedua didasarkan pada versi arsitektur pendahulunya yang diperbarui dengan pengaturan kemudi dan suspensi yang dioptimalkan. Semua varian berukuran panjang 4.420 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.545 mm, dengan jarak sumbu roda 2.720 mm.

Baca juga: Kia Sportage Versi Amerika Serikat Punya Kabin Lebih Luas

Dimensi eksterior yang lebih besar menghasilkan kabin yang lebih lega dengan ruang kaki yang lebih luas untuk penumpang belakang. Ruang kargo bervariasi tergantung pada jenis powertrain, dengan kapasitas 451 lt di Hybrid dan 495 lt di model EV.

Di Swedia, Kia Niro tersedia dalam tiga trim, yakni Action, Advance, dan Advance Plus. Layar ganda 10,25 inci dengan navigasi dan kamera mundur adalah standar di semua model, seperti berbagai ADAS termasuk Highway Driving Assist.

Varian Advance menambahkan jok kulit sintetis, kursi berventilasi, sistem suara Harman Kardon, peringatan blind-spot aktif, dan bak truk elektrik, sedangkan Advance Plus menambahkan lebih banyak fitur seperti head-up display, parkir jarak jauh, mode tidur kursi penumpang, dan pengisian nirkabel.

Terkahir, Kia Niro terbaru ini dibanderol mulai Rp 497 jutaan untuk varian hybrid, dan Rp 737 jutaan untuk model EV. Semua varian akan diluncurkan di Eropa pada kuartal pertama tahun 2022.