Spooring Balancing Hal Penting Yang Selalu Disepelekan

Spooring Balancing Hal Penting yang Selalu Disepelekan Cibubur point Automotive Center (istimewa)

KabarOto.com - Mungkin Anda pernah merasakan guncangan hebat sehingga mobil yang tengah dikendarai seperti bergeser ketika berpapasan dengan kendaraan besar berkecepatan tinggi. Gejala itu disebut limbung. Penyebabnya keselarasan dan keseimbangan antar-roda tidak sama.

Hal tersebut dapat terjadi baik pada kendaraan baru maupun lama, apalagi bila kendaraan tersebut sering melewati jalan-jalan berlubang. Akibatnya, komponen yang terdapat pada kaki-kaki roda mobil, rusak.

Baca Juga:

Oleh karena itu, bila terjadi hal tersebut maka kendaraan wajib dilakukan spooring (Keselarasan) dan balancing (Keseimbangan) guna mengembalikan posisi roda yang mengalami penyimpangan.

"Spooring dan balancing perlu dilakukan setiap kali kendaraan itu melakukan servis berkala. Oleh karena itu, ketika kami akan membeli dan menjual kembali kendaraan bekas yang paling pertama kami lakukan pengecekan mesin dan kaki-kaki roda," kata Ivan, pemilik Bursa Mobil Bekas di kawasan Cibubur Point.

"kelihatannya sepele masalah spooring balancing ini tapi penting sekali untuk dilakukan pengecekan, karena kita tidak tahu roda kendaraan itu masih pada posisi yang seimbang atau sudah melenceng," tambah Ivan.

Spooring merupakan proses menyelaraskan posisi roda kanan dan kiri. Bila terjadi ketidakselarasan akan menyebabkan mobil bisa limbung dan kemungkinan berat sebelah.

Kalau balancing dimaksudkan untuk meluruskan posisi roda depan dengan roda belakang pada saat mobil berjalan. Bila posisi ini tidak terjadi maka roda ban Anda akan cepat aus.

Spooring dan balancing dapat menghindari ketidakmerataan tingkat keausan pada ban. Mobil pun akan terasa nyaman bila digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Karena itu, lakukanlah pemeriksaan berkala pada roda ban Anda di bengkel terpercaya jangan sampai mengalami kejadian buruk menimpa Anda dan keluarga.