POPULAR STORIES

Ssst... Selain Patenkan Turbo Listrik, Ferrari Diam-diam Kembangkan Mesin 4 Silinder

Ssst... Selain Patenkan Turbo Listrik, Ferrari Diam-diam Kembangkan Mesin 4 Silinder Ferrari mempatenkan desain turbo yang menggunakan listrik. (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Beberapa pabrikan besar mobil terus mengembangkan produknya, yang salah satunya penggunaan turbo untuk efisiensi dan performa lebih baik. Kali ini, Ferrari mempatenkan desain turbo yang menggunakan listrik.

Desain perangkat turbo sudah menyebar luas ke beberapa media. Seperti dilansir autoguide, dijelaskan pada gambar desain tersebut, bahwa perangkat turbo tetap diinstal ke exhaust system pada mesin mobil untuk menggerakan turbin.

Baca Juga: Pembalap Indonesia Juara Ferrari Challenge APAC Seri 4 Di Jepang

Namun turbin tidak terkoneksi dengan kompresor seperti perangkat turbo pada umumnya. Turbin tersebut akan menghasilkan tenaga listrik yang disimpan ke generator. Baru kemudian generator ini akan menggerakkan kompresor untuk menyuplai angin ke mesin.

Desain turbo listrik ini memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah mengurangi gejala turbo lag seperti yang terjadi pada mesin turbo. Selain itu juga bisa menghasilkan suara knalpot berbeda-beda, yang dikatakan Ferrari bisa diatur berdasarkan kecepatan turbine wheel.

Di samping mematenkan turbo dengan listrik, nampaknya Ferrari juga sedang mengembangkan mesin baru berjumlah 4 silinder. Hal tersebut terlihat pada gambar skema/ desain turbo listrik di atas yang menggunakan mesin 4 silinder. Kemungkinan kedua, bisa saja di atas hanya sebagai ilustrasi.