POPULAR STORIES

Standarisasi Euro IV, Kementerian ESDM Imbau Masyarakat Pakai BBM Ramah Lingkungan

Standarisasi Euro IV, Kementerian ESDM Imbau Masyarakat Pakai BBM Ramah Lingkungan Ilustrasi pom bensin Pertamina

KabarOto.com – Demi mengejar emisi standar Euro IV, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor untuk beralih menggunakan ke bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan.

Selain itu, Kementerian ESDM juga akan membatasi outlet penjualan BBM premium. Penggunaan BBM Premium dengan oktan rendah juga mulai ditinggalkan negara lain. Hingga saat ini, hanya ada empat negara yang masing menggunakan BBM dengan oktan rendah (RON) 88, salah satunya Indonesia.

Baca Juga : Ducati Streetfighter V4 2021, Tampil Lebih Gahar Dengan Standar EURO 5

Menurut keterangan Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan, “Sesuai dengan Program Langit Biru Pertamina, outlet penjualan BBM jenis premium mulai dikurangi pelan-pelan, terutama pada saat pandemi, digantikan dengan jenis Pertalite.”

Selain itu, dengan membatasi penggunaan BBM beroktan rendah berguna untuk meningkatkan kualitas BBM dan menekan emisi gas. Dengan adanya kemajuan teknologi kendaraan juga menuntut penggunaan BBM yang lebih berkualitas.

“Kami berharap akan ada pergeseran konsumsi ke lebih baik yakni Pertamax. Kami juga mohon dukungan bagaimana bisa merespons ini dengan baik,” tambah Arifin.

Baca Juga : Isuzu Bagi 3 Kategori Hadapi Euro 4

Sebagai informasi, berdasarkan catatan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), serapan Premium selama Januari sampai Juli 2021 mencapai 2,71 juta kilo liter (KL). Itu hanya 27,18% dari kuota tahun ini sebesar 10 juta KL. Jumlah itu tergolong rendah.

Premium termasuk dalam Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) yang harga jualnya diatur pemerintah, sama seperti solar subsidi. Penjualan premium di Indonesia saat ini hanya dilakukan oleh Pertamina berdasarkan penugasan pemerintah.