POPULAR STORIES

Stefan Bradl Sebut Honda Tertinggal Dari Ducati Soal Inovasi

Stefan Bradl Sebut Honda Tertinggal dari Ducati Soal Inovasi Marc Marquez saat balapan (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - Stefan Bradl yang merupakan pembalap penguji Honda, mengungkapkan bahwa pabrikan Jepang ini tertinggal dari Ducati.

Honda dinilai lebih sering mengikuti Ducati soal inovasi perangkat dan aerodinamika. Di mana, Ducati sudah menjadi pelopor dalam menciptakan inovasi di MotoGP, mulai dari winglet, wheel cover, pendingin swing arm, holeshot device hingga front ride height adjuster.

Honda yang dulu mengkritik apa yang dilakukan Ducati, sekarang malah mengikutinya. Oleh sebab itu, Stefan Bradl mewanti-wanti harusnya Honda seperti Ducati dengan berani melakukan eksperimen!

Baca juga: Pensiun Dari MotoGP, Andrea Dovizioso Membeli Trek Motocross

Marc Marquez tidak puas dengan motor Honda saat tes di Valencia

Melansir Speedweek, Stefan Bradl mengatakan, "Ducati berani memperkenalkan perubahan konstan dalam hal perangkat dan aerodinamika, Yamaha pun cukup tertinggal."

Honda tidak pernah berada di garis depan eksperimen seperti yang dilakukan Ducati dalam beberapa tahun terakhir. Keterlambatan soal inovasi membuat laju Honda tidak mulus. Musim lalu Honda tidak bisa menang sekali pun.

"Honda krisis kemenangan karena pebalap andalannya belum kondisi fit 100 persen. Marc Marquez biasanya sampai 'banting tulang' untuk bisa memaksimalkan potensi RC213V," tambah Bradl.

Baca juga: Begini Alasan Dorna Gelar Sprint Race Di MotoGP 2023

Situasi Marquez semakin sulit, setelah dirinya merasa tidak puas dengan motornya pada tes prototipe RC213V 2023 di Valencia pada November lalu. Pembalap Spanyol tersebut hanya bisa finis di posisi ke-13 usai melahap 50 putaran. Dia selisih 0,644 detik dari Luca Marini di urutan atas.

Sementara itu, jika Honda tidak berkembangan, menurut legenda MotoGP Giacomo Agostini, bukan hal mustahil jika Marquez hengkang dari Honda selepas habis masa kontraknya yang selesai pada 2024.

"Jika Honda tidak memberi sepeda motor yang kompetitif. Setelah jatuh cinta Anda akan kehilangan cinta dan mengubah haluan," ungkap Agostini.