POPULAR STORIES

Begini Alasan Dorna Gelar Sprint Race Di MotoGP 2023

Begini Alasan Dorna Gelar Sprint Race di MotoGP 2023 Para pembalap MotoGP di GP Belanda 2022 (foto : MotoGP)

KabarOto.com – CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, baru-baru ini menjelaskan mengapa sprint race di adakan sepanjang MotoGP musim 2023 mendatang.

Mulai musim depan, format ajang balap MotoGP sedikit berubah dengan melangsungkan sprint race setiap hari Sabtu dalam 21 seri GP mendatang.

Baca juga: Michele Pirro Ungkap Alasan Valentino Rossi Tidak Bisa Kompetitif Saat Tunggangi Ducati

Berbeda dengan MotoGP, ajang Formula (F1) juga memiliki rangkaian tersebut. Tetapi, hanya berlangsung selama tiga seri saja. Tetapi, pihak Dorna berencana untuk menambah rangkaian sprint race, namun para pembalap keberatan.

Carmelo Ezpeleta menjelaskan alasan mengapa menggelar Sprint Race di MotoGP 2023

Carmelo Ezpeleta pun menjelaskan mengapa sprint race seperti model F1 tidak akan berhasil di MotoGP. Oleh karena itu, dirinya memilki strategi sendiri untuk mendukung para pembalap untuk menghadapi musim baru.

Baca juga: Triumph Sedang Uji Coba Bahan Bakar Etanol Untuk Moto2 Tahun 2024

“Sudah jelas, jika ingin membuat hari Sabtu lebih menarik Anda harus membuatnya berbeda. Format baru ini akan berlangsung di hari Minggu juga. Dengan mehilangkan sesi warm-up untuk Moto2, Moto3, dan MotoGP, sprint race akan menjadi lebih menarik,” ungkap Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.

Penerapan sprint race satu musim penuh tanpa adanya uji coba seperti F1 tentu mengundang pro dan kontra. Para pembalap F1 pun heran dengan keputusan tersebut untuk ajang MotoGP. Selain itu, para pembalap dan tim MotoGP pun kurang antusias karena akan menambah pekerjaan kalau terjadi kerusakan akibat kecelakaan di sesi sprint race. Walaupun, ada sedikit keuntungan dari sprint race ini. Karena para pembalap dan tim akan mendapatkan poin tambahan untuk bersaing di klasemen.