POPULAR STORIES

Michele Pirro Ungkap Alasan Valentino Rossi Tidak Bisa Kompetitif Saat Tunggangi Ducati

Michele Pirro Ungkap Alasan Valentino Rossi Tidak Bisa Kompetitif Saat Tunggangi Ducati Michele Pirro (foto : Ducati & MotoGP)

KabarOto.com – Tes rider Ducati, Michele Pirro mengungkapkan alasan Valentino Rossi tidak bisa kompetitif di atas Ducati Desmosedici, saat MotoGP 2011-2012.

Michele Pirro sendiri, telah menjadi tes rider pabrikan Borgo Panigale itu sejak 2012. Desmosedici pertama yang dikendarai oleh Pirro adalah milik Rossi. Dirinya pun mengungkapkan alasan mengapa Valentino Rossi tidak bisa tampil kompetitif kala itu.

Baca Juga : Baru Meluncur, Ducati Panigale V4 S Race Replica Ludes Terjual

Valentino Rossi saat membela Ducati di musim 2011-2012

“Ketika saya mengujinya, baru mengerti mengapa Rossi tidak dapat mencapai tujuannya untuk kompetitif dengan Ducati. Motor itu sulit saat memasuki dan keluar tikungan, ban depan tidak dapat memberikan feeling sedikit pun, " ungkapnya. Menurutnya, Pembalap selain Rossi pun akan kesulitan untuk menjinakkan motor tersebut.

Pirro juga membandingkan, cara berkendara Casey Stoner yang kala itu bisa membuatnya menjadi Juara Dunia. Stoner mengendarai motor dengan mengandalkan roda belakang, saat keluar tikungan. Stoner juga melakukan manuver 'power-slide' dan ‘elbow-sliding’ yang membantunya saat melewati tikungan.

Baca Juga : Ducati Bocorkan Jadwal Dan Lokasi Peluncuran Desmosedici GP23

Gaya balap Casey Stoner dapat menaklukkan Ducati Desmosedici

Melihat hal tersebut, Gigi Dall’Igna sebagai Manajer Ducati pun harus bekerja keras untuk membuat Desmosedici lebih kompetitif di musim berikutnya.

Mulai dari musim 2015, duet Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, diharapkan dapat mengembangkan motor pabrikan Italia tersebut.

Tetapi, hanya Dovi yang memiliki kontribusi besar dalam pengembangan Desmosedici hingga 2019. Alhasil, Dovi menjadi salah satu pembalap yang membuat Desmosedici GP menjadi kompetitif, dan bisa berduel sengit dengan Marc Marquez (Repsol Honda). Selain itu berkat kerja keras Dovi, Desmosedici GP22 dapat menghantarkan Francesco Bagnaia menjadi Juara Dunia MotoGP 2022.