POPULAR STORIES

STP AP-75 Obat Manjur Baut Aus Dan Lubrikasi Komponen Otomotif?

STP AP-75 Obat Manjur Baut Aus dan Lubrikasi Komponen Otomotif? Foto: Kipli

KabarOto.com - Beragam cairan lubrikasi ditawarkan di pasaran dengan berbagai merek. Tak hanya untuk otomotif, cairan tersebut juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti industri dan rumah tangga. Nah, kebetulan KabarOto mencoba produk dari STP yakni AP-75, merupakan salah satu produk andalan PT Laris Chandra selaku distributor STP di Indonesia.

STP AP-75 merupakan cairan dalam wadah botol spray 250 ml yang dilengkapi dengan sedotan kecil yang berguna untuk menjangkau tempat-tempat sulit. Cairan multifugsi dalam botol tersebut diklaim sebagai penetrasi, pelumas, pelindung dan pembersih obyek sekaligus menjaga kelembaban dan melawan karat.

Baca Juga: Seberapa Efektifkah Air Purifier Dan Air Sanitizer Matikan Virus Di Mobil?

Cairan multifungsi ini dapat digunakan di berbagai barang, misalnya di otomotif yakni engsel pintu, baut dan busi maupun nafur. Kami mencobanya di beberapa bagian yakni baut spion yang sudah berkarat, baut-baut pada lengan ayun yang juga sudah mulai berkarat dan rantai motor sebagai pelumasan.

Penyemprotan pada bagian baut, misal spion, tak perlu banyak-banyak, cukup gunakan sedotan kecil yang sudah disediakan di kemasan, dan konsentrasikan semprotan kecil pada bagian mur dan batang spion. Diamkan kurang lebih 5 menit agar cairan turun hingga ke sela drat, setelah itu, membuka mur yang tadinya sulit dan takut patah akibat drat yang aus kini bisa dilakukan dengan mudah berkat lubrikasi dari cairan tersebut.

Baca juga: Bridgestone Kembangkan Sistem Pemantau Kerusakan Ban Canggih Bersama Microsoft

Hal yang sama ketika diaplikasikan ke rantai motor, posisikan motor di standar tengah, lalu masukkan gear 1 agar ban memutar dengan sendirinya, tinggal menyemprot bagian rantai yang memutar. Setelah seluruh rantai sudah terlubrikasi, tak ada lagi bunyi kasar pada bagian tersebut. Namun, ketika musim hujan mungkin Sobat KabarOto harus menggunakannya lebih sering pada bagian ini.

Menemukan produk ini sangat mudah, selain banyak tersedia di toko-toko peralatan, STP AP-75 juga banyak tersebar di toko-toko online berbagai marketplace. Mulai dari Rp 24 ribu hingga Rp 75 ribuan, Sobat KabarOto sudah bisa membawa pulang satu kaleng botol tersebut.