POPULAR STORIES

Bridgestone Kembangkan Sistem Pemantau Kerusakan Ban Canggih Bersama Microsoft

Bridgestone Kembangkan Sistem Pemantau kerusakan Ban Canggih Bersama Microsoft Ilustrasi ban Bridgestone (Bridgestone)

KabarOto.com - Tak dapat dipungkiri, ban menjadi salah satu komponen vital dalam sebuah kendaraan. Bila kondisi ban kurang baik, maka potensi kecelakaan akan timbul. Salah satunya sering kali diakibatkan oleh ban pecah.

Menagatasi potensi kecelakaan tersebut, produsen ban asal Jepang, Bridgestone, bekerja sama dengan Microsoft, sedang melakukan pengembangan sistem pemantauan kerusakan ban (Tyre Damage Monitoring) secara langsung (real time).

Baca Juga: Ragam Sepeda Buatan Peugeot, Mulai Model Retro Hingga Bertenaga Listrik

"Ini merupakan teknologi pertama di dunia. Kerusakan ban adalah masalah serius, karena berkontribusi hingga 30% dari semua kecelakaan mobil, yang disebabkan oleh kegagalan teknis," kata CEO Bridgestone Laurent Dartoux.

Lebih lanjut ia menjelaskan, masalah pada ban muncul dalam empat bentuk utama, yakni tekanan yang tidak memadai, kelelahan (usia), keausan yang tidak merata dan kerusakan dari trotoar, lubang atau benda asing di jalan.

Saat ini, banyak kendaraan modern yang sebenarnya telah memiliki fitur pemantauan tekanan ban atau tyre pressure monitoring systems (TPMS). Namun, fitur tersebut hanya berguna untuk memperingatkan pengemudi bila tekanan angin di ban rendah.

Pengetesan ban Bridgestone

Sementara kerusakan kondisi ban, tetap harus dideteksi secara manual. "Sistem pemantauan kerusakan ban yang dibuat oleh Bridgestone, memungkinkan kerusakan ban dilaporkan secara cepat dengan menggunakan cloud dari Microsoft Connected Vehicle Platform (MVCP)," jelas Laurent.

Adanya peringatan kerusakan ban, pengemudi mobil kemudian dapat segera diberitahu tentang ancaman bahaya, sehingga bisa mengambil tindakan yang tepat untuk terhindar dari potensi kecelakaan.

Canggihnya, sistem ini lebih spesifik juga dapat mengetahui titik terjadinya kerusakan ban. Bila kerusakan terjadi akibat kondisi jalan, fitur tersebut juga akan memberitahu otoritas terkait, agar dapat segera melakukan perbaikan jalan.

Baca Juga: Puluhan Juta Rupiah Jadi Hadiah Honda Racing Simulator Championship

Menariknya, kendaraan masa depan dengan teknologi mengemudi otonom juga bisa mendapat manfaat dari sistem ini, di mana kendaraan dapat menyampaikan informasi tentan kerusakan jalan ke pengguna jalan lain di daerah tersebut serta menambahkan ke basis data cloud.

"Bridgestone memiliki kesempatan untuk membawa Sistem Pemantauan Kerusakan Ban ke jutaan pengemudi dengan bekerja sama dengan Microsoft, menawarkan keselamatan dan ketenangan pikiran bagi pengguna jalan," pungkas Laurent.