POPULAR STORIES

Street Race Seri Ke-4 Akan Berlangsung Di Kemayoran Jakarta, Catat Tanggalnya

Street Race Seri ke-4 akan Berlangsung di Kemayoran Jakarta, Catat Tanggalnya Street race siap digelar di Kemayoran, Jakarta (Foto: Dok POlda Metro Jaya)

KabarOto.com - Street Race Polda Metro Jaya 2022 seri keempat siap digelar pekan ini di Jl. H. Benyamin Sueb, Kemayoran Jakarta, (27-28/08). Balapan ini untuk mewadahi para penghobi balap liar di Jakarta dan sekitarnya.

Sebelumnya Street Race Polda Metro Jaya ini sukses digelar di 3 lokasi, yaitu di Ancol (Jakarta Utara), BSD (Tangerang Selatan) dan terakhir di Meikarta (Cikarang, Jawa Barat).

Baca juga: Street Race Tak Bisa Digelar Di Sirkuit Formula E, Ini Kata Kapolda Metro Jaya

Kombes Latif Usman Dirlantas Polda Metro Jaya mengatakan, dipilihnya Kemayoran untuk lokasi Seri ke-4 Street Race, karena tempat ini cukup memadai untuk menggelar Street Race. Selain itu mengakomodir keinginan pencinta balap jalanan.

"Tentunya kita akan berpindah tempat, dan kebetulan di Kemayoran ini memiliki tipikal dan konstruksi jalan yang cukup untuk menampung para pembalap dan penonton," terangnya, kepada wartawan, Senin kemarin (22/08).

Street race di BSD Tangerang beberapa waktu lalu (Foto: PTPL)

Sementara itu, Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai pihak regulator olahraga otomotif Indonesia mengungkapkan, kerja sama dengan Polda Metro Jaya ini memang untuk memfasilitasi komunitas balap liar.

“Bedanya kali ini Street Race diikuti dan dilaksanakan oleh pembalap jalanan yang memang sesungguhnya komunitas balap liar di jalanan," jelas Eddy Saputra selaku Pengurus Roda Dua di PP IMI dan Senior di dunia balap motor Indonesia.

Baca Juga: Bahaya Yang Mengintai Pembalap Jika Street Race Digelar Di JIEC Ancol

Eddy menambahkan, IMI selaku regulator akan terus bekerja sama dengan para stakeholder, khususnya Polda Metro Jaya, agar pecinta balap liar ini bisa beralih ke balap resmi.

“Kami mengapresiasi pihak Polda yang menfasilitasi kegiatan balap liar ini, tujuannya mengurangi balap liar di jalan raya," tambahnya. Saat ini, menurut dia, drag bike resmi tingkat daerah dan nasional sudah ada, untuk menampung komunitas balap liar dijalan raya, mengurangi risiko kecelakaan di jalan.

Seri-4 Street Race, Kemayoran ini membuka kelas balap trek lurus sepanjang 500 meter, mulai dari matik, bebek 4 tak, juga motor 2 tak. Selain ada beberapa kegiatan lain, di antaranya ada gelaran tinju, eksibis motor gede, vaksin booster dan bazzar.