Bahaya Yang Mengintai Pembalap Jika Street Race Digelar Di JIEC Ancol

Bahaya yang Mengintai Pembalap Jika Street Race Digelar di JIEC Ancol Sirkuit Formula E (Foto: MP/Asropih)

KabarOto.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran belum lama ini mengatakan, jika street race akan berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol Jakarta Utara.

Namun, Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni mengungkapkan, untuk memberikan izin penggunaan sirkuit pihak panitia harus mengacu pada aturan dari Federation Internationale de l'Automobile (FIA).

Baca Juga: Formula E Jakarta Sukses, Ketua IMI Beri Apresiasi Ke Penyelenggara

“Niat Kapolda saya rasa bagus, namun di dunia motorsport, regulasi balap apalagi yang mengenai keselamatan wajib dipatuhi," terang Sahroni dalam keterangan resmi, Senin (26/06/2022).

Street Race di BSD, Tangerang (Foto: PTPL)

Politisi partai Nasdem ini juga mengatakan, jika IMI memiliki aturan, tak perlu meminjam, sudah pasti akan diberikan. "Pasti akan kita kasih langsung," tegasnya.

Namun, menurut dia, karena sirkuit ini sudah dibangun atas standar FIA, dan mengikuti aturan FIA, maka harus disesuaikan. Sahroni menambahkan, sirkuit JIEC sudah distandarisasi oleh FIA sebagai sirkuit balap mobil saja, sehingga tidak aman untuk keselamatan, bila digunakan untuk balap motor.

“Sepanjang lintasan semua dibatasi oleh pagar beton, tidak ada area kosong, sehingga bila terjadi kecelakaan akan sangat berbahaya bagi pembalap motor," jelasnya. Selain faktor keselamatan, potensi hukuman FIA juga harus dipikirkan.

Sahroni juga menyebutkan, jika IMI akan berupaya memperbanyak event motorsport, khusus bagi warga yang sesuai regulasi dan kaidah balap. “IMI dan pengelola JIEC juga tengah menyiapkan event-event balap yang sesuai dengan regulasi sirkuit," ungkapnya.

Baca Juga: Saat Formula E Berlangsung, Tiket Masuk Ancol Tak Dijual Untuk Umum

Ada beberapa turnamen balap mobil akan berlangsung di sirkuit ini, selain ajang Formula E. "Intinya JIEC akan terus hidup sepanjang tahun meramaikan ajang Motorsport Indonesia,” tandas Sahroni.