Street Race Tak Bisa Digelar Di Sirkuit Formula E, Ini Kata Kapolda Metro Jaya

Street Race tak Bisa Digelar di Sirkuit Formula E, Ini Kata Kapolda Metro Jaya Street Race di BSD beberapa waktu lalu (Foto: PTPL)

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu Kapolda Metro Jaya membeberkan keinginannya, untuk menggelar Street Race (balapan liar resmi) di sirkuit Formula E, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Namun, Ketua Panitia Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni mengatakan, ada regulasi dari homologasi FIA. Mereka menyebut jika Jakarta International E-Prix Circuit hanya digunakan untuk kendaraan roda empat.

Baca juga: Bahaya Yang Mengintai Pembalap Jika Street Race Digelar Di JIEC Ancol

Fadil menjelaskan, jika street race digelar secara rutin, tak hanya untuk menyalurkan bakat balap motor dan mobil liar saja, tapi akan tercipta ekosistem balapan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Sirkuit Formula E (Foto: MerahPutih)

"Jadi kalau saya mau meminjam, apa itu namanya, kurang terkenal karena enggak dipakai street race, apa namanya? Sirkuit Ancol itu, kalau saya bukan soal balap-balapannya, saya sebenarnya ingin mengembangkan ekosistem di situ," jelas Fadil di Polda Metro Jaya, Minggu kemarin (10/07).

Ekosistem terbentuk di antaranya, tersalurkan bakat para pebalap liar, para mekanik, UMKM, pentas seni, hingga pengrajin. "Karena bukan balapan saja sebenarnya untuk menyalurkan mereka yang hobi kecepatan, yang hobi street race di jalan," ungkapnya

Ia menyebutkan, ekosistem tersebut di atas sudah diuji cobakan melalui beberapa event. Kemudian, jika penyelenggaraan street race bisa dilaksanakan di Ancol, pengelola sirkuit Ancol bisa mendapat untung.

Meski begitu ia mengingatkan, cara berpikir dalam memanfaatkan ajang balapan jalanan harus terbuka, untuk menciptakan ekosistem secara berkelanjutan.

Baca juga: Pertamina Lubricants Dukung Street Race 2022 Di Meikarta

"Jadi sebenarnya bagi Ancol kalau dia izinkan street race, sebenarnya bisa untung, tapi itu kalau dilihat secara ekosistem," tambah Kapolda Metro.

Tetapi, ia menambahkan, jika berpikiran sempit, dan melihat dari sudut pandang balapan, itu tidak akan sampai ke sana.