POPULAR STORIES

Subaru Crosstrek Pakai Mesin XV, Diklaim Lebih Irit

Subaru Crosstrek Pakai Mesin XV, Diklaim Lebih Irit Subaru Crosstrek (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Subaru Crosstrek melantai di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, sebagai penerus dari model XV di Indonesia. Menggunakan platform baru, Crosstrek memiliki dimensi yang lebih kecil dengan ground clearence tinggi, sehingga cocok diajak bertualang.

Ismail Ashlan, Marketing Communications Manager Subaru Indonesia menjelaskan," Subaru Crosstrek lebih pendek 5 mm dan lebih rendah 10 mm dari XV. Bentuk kaca belakangnya jadi lebih pipih. Dari belakang terlihat seperti WRX wagon, ground clearence 220 mm, tertinggi di kelasnya."

Soal performa, Subaru Crosstrek menggunakan mesin Boxer 4 silinder, DOHC 16 valve, berkapasitas 1.995 cc yang dapat memeras tenaga sebesar 153 dk di 6.000 rpm dan torsi 196 Nm pada putaran 4.000 rpm. Mesin ini dipadukan transmisi Lineartronic dan Active Torque Split AWD.

Baca Juga: Punya 8 Pilihan Warna, Ini Favorit Konsumen Untuk Subaru Crosstek

Mesin Subaru Crosstrek

“Mesinnya sama persis dengan XV, tidak ada ubahan, mulai dari ECU, internal dan parts. Tapi Subaru Crosstrek mengggunakan sistem Symmetrical All-Wheel Drive baru yang punya torsional rigidity 10 persen lebih baik. Klaim pabrikan secara keseluruhan juga untuk penggunaan BBM lebih hemat 10 persen akibat teknologi terbaru yang digunakan,” tambah Ismail.

Sebagai informasi, Subaru Crosstrek ditawarkan dalam satu varian dengan harga Rp 549,5 juta (OTR Jakarta). Varian teratas ini sudah dilengkapi Subaru EyeSight generasi terbaru sebagai fitur keselamatan berkendara.

"Melihat karakter konsumen Indonesia pada produk Subaru yang memilih varian teratas saja, kami memutuskan untuk menawarkan satu varian saja," ungkap Arie Christopher, Chief Operating Officer, Subaru Indonesia.

Baca Juga: Subaru Crosstrek Targetkan Konsumen Generasi Muda, Ini Kelebihan Yang Ditawarkan

Subaru Crosstrek dibekali fitur keselamatan

Fitur ini mendapat tambahan wide-angle mono camera yang melengkapi dua stereo camera. Kamera mono yang diadopsi pada Subaru Crosstrek 2.0i-S EyeSight memungkinkan pengenalan sepeda motor dan pejalan kaki pada sudut yang lebih lebar daripada kamera stereo saat berkendara dengan kecepatan rendah.

Teknologi ini memungkinkan fitur Pre-Collision Braking bekerja lebih baik. Fitur Subaru EyeSight pada mobil ini mencakup Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control / Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, dan Adaptive Cruise Control.