POPULAR STORIES

Subaru Solterra, SUV Listrik Kolaborasi Bersama Toyota

Subaru Solterra, SUV Listrik Kolaborasi Bersama Toyota

KabarOto.com - Subaru Corporation sudah mengumumkan (11/5) sedianya akan mengusung masa depan kendaraan elektrifikasi. Manufaktur asal Jepang ini memaparkan e-Subaru Global Platform.

Tentu tak sendirian Subaru menghadirkan Sport Utility Vehicle (SUV) bertanaga listrik yang akan diberi nama Subaru Solterra. Mobil listrik pertama manufaktur yang berbasis di kota Shibuya ini menggandeng Toyota Motor Corporation.

Baca juga: First Drive Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS

Sedianya SUV Subaru Solterra akan diperkenalkan pada pertengahan 2022 di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan Tiongkok. Masuk kategori C-segmen alias medium SUV, Subaru akan gunakan Battery Electric Vehicle (BEV) khusus untuk e-Subaru Global Platform.



Kolaborasi kali ini tak sekadar Subaru menempelkan logonya di medium SUV listrik Solterra. Namun pengembangan meliputi perencanaan, desain hingga evaluasi performa. Saat pengembangan ini kedua perusahaan saling mengedepankan teknologi yang dimilikinya.

Adapun teknologi yang dipunya Subaru adalah sistem gerak empat roda, sedangkan Toyota suguhkan pengetahuannya dalam hal elektrifikasi kendaraan. Hal inilah yang membuat Subaru yakin hadirkan SUV gerak empat roda bertenaga listrik.

Baca juga: Subaru Outback Wilderness, Menjadi Kian Tangguh

Subaru memaparkan pemilihan nama Solterra adalah penggabungan kata dari 'Sol' dan 'Terra'. Dalam bahasa latin arti adalah Matahari dan Bumi, hal ini sebagai wujud apresiasi terhadap keserasian alam.

"Bersama dengan konsumen dan sekaligus menunjukkan komitmen Subaru hadirka SUV yang berkemampuan pergi kemanapun meski bertenaga listrik," ujar perwakilan Subaru melalui rilis.

Solterra sedianya akan bergabung dengan jajaran SUV Subaru lainnya yakni Ascent, Outback, Forester dan XV. Kapan sampai Indonesia, tunggu saja!