POPULAR STORIES

Sudah Bisa Dipesan, Harga Mobil Terbang Ini Rp 4,5 Miliar

Sudah Bisa Dipesan, Harga Mobil Terbang Ini Rp 4,5 Miliar Mobil terbang (Foto : Autoevolution)

KabarOto.com - Terus melakukan inovasi, beberapa pabrikan otomotif dunia percaya bila kendaraan terbang bisa menjadi solusi kemacetan yang terjadi di kota-kota besar saat ini.

Salah satu pabrikan yang melakukan terobosan ini ialah Alef Aeronautics. Seperti dilansir Autoevolution,Rabu (05/07/2023), perusahaan tersebut telah memiliki Model A atau mobil terbang pertama, yang mendapatkan sertifikat dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk melakukan uji coba.

Baca Juga : Suzuki dan SkyDrive Sepakat Produksi Mobil Terbang

Siap mendapatkan Sertifikasi Kelaikan Udara Khusus, mobil ini diharapkan mampu menarik minat masyarakat yang ingin menghindari kemacetan lalu lintas, sehingga bisa mencapai lokasi yang diinginkan lebih cepat.

Foto : Autoevolution

Selain itu, Alef Aeronautics menegaskan bila kendaraan yang akan dijual merupakan kendaraan ramah lingkungan karena tak memiliki emisi gas buang.

"Ini adalah satu langkah kecil untuk pesawat, satu langkah besar untuk mobil," kata CEO Alef Aeronautics, Jim Dukhovny.

Meski demikian, mobil terbang ini diharapkan mampu memenuhi 121 persyaratan keselamatan yang diajukan oleh National Highway and Traffic Safety Administration (NHTSA).

Hal ini berkaitan dengan Code of Federal Regulations (CFR) terkait persyaratan desain kendaraan, konstruksi, kinerja, dan daya tahan.

Baca Juga : Mobil Terbang Akan Mengudara Perdana di IKN Pada 2024

Dari sisi keselamatan, Model A diklaim aman karena memiliki parasut jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Dari sisi spesifikasi, kendaraan ini disematkan dua tempat duduk dan mampu menempuh perjalanan hingga 321 kilometer, serta 177 kilometer apabila berada di jalan darat.

Menggunakan baterai yang bisa di cash, kendaraan ini mampu melesat dengan kecepatan maksimum 40 kilometer per jam apabila berada di jalan beraspal.

Sudah bisa dipesan konsumen, mobil ini dibanderol dengan harga $300 ribu atau setara dengan Rp4.5 miliar.