POPULAR STORIES

Suksesnya Uji Coba Produksi D-100 Jadi Kado Pertamina Untuk Indonesia

Suksesnya Uji Coba Produksi D-100 Jadi Kado Pertamina untuk Indonesia Ilustrasi bahan bakar ramah lingkungan

KabarOto.com - PT Pertamina telah melakukan suatu hal baru untuk kemajuan Indonesia. Pada Juli lalu mereka baru saja selesai melakukan uji coba produksi Green Diesel D100 sebanyak 1.000 barel perhari di Kilang Dumai, Riau.

Produksi bahan bakar D100 menggunakan bahan baku 100 persen minyak sawit. Kesuksesan ini didelegasikan Pertamina sebagai kado dari Pertamina untuk HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Inovasi ini sejalan dengan pesan Presiden RI Joko Widodo, saat ini berbagai upaya tengah dilakukan agar Indonesia bisa mandiri salah satunya dari energi yang digunakan.

Baca Juga: Bahan Bakar D-100 Siap Diproduksi 1.000 Barel Per Hari

"Tahun 2019, kita sudah berhasil memproduksi B20, dan tahun ini (2020) sudah mulai B30, sehingga bisa menekan impor minyak," ujar Presiden.

Keberhasilan Pertamina dalam uji cobanya di Riau beberapa waktu lalu mendapatkan apresiasi dari RI 1. Meneliti terkait D100, Pertamina telah bekerja sama dengan para peneliti ITB untuk memproduksi katalis merah putih. Inilah yang jadi komponen utama pembuatan D100.

"Produksi D100 di kilang Pertamina dengan bahan baku minyak sawit, serta katalis Merah Putih," jelas Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Pengolahan D100 menyerap setidaknya 1 juta ton sawit per harinya. Tentunya sawit yang digunakan merupakan hasil produksi petani.

Baca Juga: Uji Performa Bahan Bakar D 100, Pengendara Tetap Nyaman

Kerennya, Pertamina juga berhasil melakukan uji coba Green Gasoline di Kilang Plaju dan Cilacap sejak 2019. Nah, di 2020 ini mereka sudah bisa mengolah bahan baku minyak sawit sampai 20 persen injeksi. Pengolahan minyak sawit menjadi Green Gasoline dalam skala operasional ternyata bisa dikatakan adalah baru.

"Mengolah minyak sawit menjadi Green Gasoline dalam skala operasional baru pertama kali dilakukan di dunia, dan itu oleh Pertamina," tambah Nikce.