Uji Performa Bahan Bakar D 100, Pengendara Tetap Nyaman

Uji Performa Bahan Bakar D 100, Pengendara Tetap Nyaman Ilustrasi bahan bakar ramah lingkungan

KabarOto.com - D 100 merupakan bahan bakar yang terbuat dari 100 persen nabati, sebagai yang pertama di Indonesia tentu fakta ini menjadi salah satu keunggulannya.

Akhirnya D 100 dilakukan uji performa beberapa waktu lalu pada Selasa, (14/7). Road test menunjukkan, penggunaan D 100 dalam campuran bahan bakar kendaraan bisa meningkatkan cetane number. Tak hanya itu, bahan bakar ini juga bisa menurunkan asap buangnya.

Baca Juga: PPKS Road Test Kijang Innova Pakai Biodiesel Sawit 50%

Uji Performa dilakukan sepanjang 200 km menggunakan MPV berbahan bakar diesel keluaran 2017. Saat road test, bahan bakar yang digunakan adalah campuran D 100 sebanyak 20 persen, Dexlite 50 persen, dan FAME sebanyak 30 persen.

Ilustrasi MPV diesel 2017

"Menurut hasil uji lab kami, terukur angka Cetane Number campuran D 100 dan Dexlite yang digunakan mencapai angka minimal 60, atau lebih tinggi dari Dexlite yang memiliki Cetane Number 51," ujar Deputy CEO PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Budi Santoso Syarif.

Baca Juga: Test Drive - Toyota Kijang Innova Venturer 2.4 Diesel A/T

Hasil uji emisi kendaraan juga menunjukkan penurunan opacity (kepekatan asap gas buang). Dimana sebelumnya 2,6 persen saat tidak dicampur D 100, kemudian setelah melalui proses pencampuran turun menjadi 1,7 persen.

Pengunaan bahan bakar ini juga berpengaruh ke kenyamanan pengendara. Hasil uji performa menunjukkan pengguna tetap merasa nyaman saat menggunakan kendaraan.

Pengguna tidak merasa ada suara yang mengganggu selama berkendara dan tarikan mesin juga tetap bertenaga. Selain itu asap gas buang di knalpot juga terlihat bersih walaupun di rpm tinggi.