POPULAR STORIES

Supermoto Race Seri Kejurnas 2023 Digelar Di Jakarta

Supermoto Race Seri Kejurnas 2023 Digelar di Jakarta Press conference SuperAdventure Supermoto Race Seri Kejurnas 2023 (Foto: Kabaroto/SuperAdventure)

KabarOto.com - Seri pamungkas ajang balap SuperAdventure Supermoto Race Seri Kejurnas 2023 bakal digelar di Jakarta, tepatnya di Sirkuit Parkir barat JIExpo Kemayoran, pada 27-28 Oktober mendatang.

Menariknya, pada seri pamungkas ini akan diramaikan oleh dua pembalap supermoto kelas dunia, yakni Germain Vincenot dan Sylvain Bidart.

Perwakilan dari SuperAdventure, Mario CSP mengatakan, dua pembalap asal Perancis tersebut akan berlaga pada kelas FFA 450 International melawan sederet rider terbaik Tanah Air.

"Keterlibatan dua pembalap internasional ini pastinya akan memacu motivasi para pembalap Indonesia agar semakin kompetitif, meningkatkan kemampuan, dan menambah pengalaman mereka," ungkap Mario.

Baca Juga: Rider Papan Atas Bersaing Di Kejurnas Superadventure Supermoto Race 2023 Boyolali

Ilustrasi seri Supermoto Adventure

Sementara itu, Germain mengakui ketangkasan dari para rider Indonesia ketika berlaga di atas sirkuit. la menilai mereka memiliki penguasaan teknik mumpuni dan bermental juara.

"Jadi bukan hal mudah untuk menaklukkan rider-rider kebanggaan Indonesia dan menjadi yang tercepat di sesi balap Moto1 maupun Moto2, hingga meraih gelar juara," ungkap Germain.

Sirkuit Parkir Barat JIExpo Kemayoran dengan spesifikasi panjang 200 meter dan lebar 80 meter ini memiliki karakter highspeed, dibangun dengan karakter tikungan oval rolling high speed yang terdiri dari tujuh tikungan ke kanan dan empat tikungan ke kiri.

"Kondisi lintasan mayoritas beraspal halus dengan kombinasi aspal kasar di beberapa titik. Dipilihnya sirkuit ini lantaran dikenal sebagai salah satu lokasi favorit ajang balap dengan berbagai macam kreasi sirkuit," ungkap Perwakilan Genta Auto & Sport, Abed Nego Antoro.

Baca Juga: Berbekal Podium Dan Latihan Supermoto 450cc, Aldi Satya Pede Geber R3 Di Sirkuit Misano

Germain Vincenot dan Sylvain Bidart turun di kelas FFA 450 International

Selain di kelas FFA 450 International, persaingan juga bakal tersaji di tiga kelas utama yakni FFA 250, Trail 175 Open, dan Trail 175 Junior.

Pertarungan sengit di kelas FFA 250 terjadi antara Farudila Adam sebagai pemuncak klasemen dengan 190 poin, dibayang-bayangi oleh Tommy Salim dengan 179 poin.

Sementara di kelas 175 Open, Andreas Lukito memuncaki klasemen dengan 182 poin diikuti Benaya Farel yang meraih 142 poin dan Chandra Hermawan yang hanya selisih 1 poin yaitu 141. Lalu pada kelas 175 Junior, Benaya Farel berada di posisi teratas klasemen sementara dengan raihan 163 poin, dibuntuti oleh Chandra Hermawan 141 poin, dan Satria Handika 136 poin.