POPULAR STORIES

Surabaya Bakal Sekat Kendaraan Di 19 Pintu Masuk

Surabaya Bakal Sekat Kendaraan di 19 Pintu Masuk Ilustrasi penyekatan (Pemkot Surabaya)

KabarOto.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, dikabarkan akan menerapkan karantina wilayah, sebagai upaya untuk mencegah dan menekan penyebaran Covid-19.

Nantinya, Pemkot Surabaya bersama instansi terkait, akan melakukan screening bagi setiap kendaraan maupun masyarakat yang akan masuk Kota Pahlawan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan, screening akan dilakukan baik kepada kendaraan maupun masyarakat di 19 akses pintu masuk ke Kota Surabaya.

Baca Juga: Galeri Foto BMW M4 Competition

"Jadi intinya adalah kita sudah bersiap untuk melakukan karantina wilayah di Surabaya, karena meningkatnya penderita positif Covid-19 ini yang cukup memprihatinkan," kata Irvan Senin (30/03). Ia menambahkan, ada sembilan belas pintu masuk ke Kota Surabaya yang akan disekat.

Pintu tersebut diantaranya Stadion Gelora Bung Tomo (Pakal), Terminal Tambak Oso (Benowo), Dupak Rukun (Asemrowo), Kodikal (Pabean), Mayjen rumah pompa (Dukuh Pakis), Gunungsari (Jambangan), Kelurahan Kedurus (Karang Pilang), Masjid Agung (Kec. Gayungan) dan Jeruk (Lakarsantri).

Penutupan di 19 titik

Menurut Irvan, di sembilan belas pintu masuk tersebut, hanya kendaraan-kendaraan dinilai darurat, yang diperbolehkan masuk ke Kota Surabaya.

Seperti, tenaga medis, tenaga pemerintahan, kendaraan yang mengangkut bahan pokok dan BBM, serta kendaraan yang mensuplai makanan.

"Jadi hanya plat L (Surabaya) nanti yang boleh masuk, atau mungkin kalau dia bukan plat L tapi dia punya KTP Surabaya. Dan untuk driver ojek online juga kita batasi, kita lakukan seleksi ketat keperluannya apa," katanya dalam keterangan resmi.

Namun begitu, Irvan menyebut, bagi kendaraan di luar plat L maupun masyarakat yang diperbolehkan masuk ke Kota Surabaya, tentunya juga harus dalam kondisi steril. "Ini diharapkan nanti 24 jam dalam pengawasan untuk akses masuk ke Surabaya," terangnya.

Baca Juga: Bapenda Jakarta Anjurkan Pembayaran Pajak Kendaraan Melalui Online

Saat ini, kebijakan karantina wilayah sedang dirumuskan oleh pihak terkait. Namun, Irvan memastikan, bahwa kebijakan tersebut bakal segera berjalan dalam minggu ini.

"Minggu ini, mungkin dalam satu dua hari ini. Setelah semua posko-posko lengkap, petugas juga sudah terploting semua," ungkapnya.