POPULAR STORIES

SUV Listrik Fisker Ocean Akan Diproduksi Massal Tahun 2021, Siap Jadi Pesaing Tesla

SUV Listrik Fisker Ocean akan Diproduksi Massal Tahun 2021, Siap jadi Pesaing Tesla

KabarOto.com – Pabrikan kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Fisker Inc memulai produksi SUV listrik mereka bernama Fisker Ocean di 2021 dan diperkirakan akan menjadi pesaing Tesla Model Y.

Sekilas mengenai Fisker Inc, merupakan sebuah perusahaan otomotif dibangun oleh Henrik Fisker yang saat ini tengah menjabat sebagai CEO perusahaan tersebut. Beliau pernah mencoba peruntungan dengan membangun perusahaan otomotif di 2013 namun tidak berhasil, kemudian kembali bangkit dengan nama Fisker Inc di 2016.

Dilansir dari greencarreports.com, Jumat (8/11/2019), Fisker Ocean diharapkan akan menargetkan harga di pasaran dengan harga di bawah US$ 40.000 atau sekitar Rp 560 jutaan. Terhitung lebih mahal bila dibandingkan dengan pesaingnya Tesla Model Y yang dibanderol sekitar Rp 555 jutaan.

Baca juga: Deddy Corbuzier Pemilik Pertama Tesla Model 3

Sebagai mobil masa depan ramah lingkungan, produksi mobil ini mengedepankan penggunaan bahan daur ulang. Seperti halnya di bagian interior yang menggunakan bahan daur ulang dan vegan, di bagian atap terdapat full-length solar roof yang menambah jangkauan rata-rata sekitar 1.600 km per tahun.

Secara dimensi, SUV lima pintu dengan kapasitas 4 hingga 5 penumpang ini memiliki dimensi seperti SUV kompak konvensional, panjang keseluruhan yang sebanding dengan Honda CR-V atau Toyota RAV4. Karena dibuat berdasarkan arsitektur EV, SUV ini menawarkan ruang interior luas dan memiliki utilitas lebih banyak.

Secara desain dari gambar yang beredar, Fisker Ocean terlihat sangat futuristik berkat penggunaan atap panoramik dua baris dengan beberapa lampu LED di sekujur bodi.

Di bagian interiornya juga menggunakan bahan yang berkelanjutan, kabin dihiasi dengan karpet daur ulang yang terbuat dari nilon yang diregenerasi, terdapat komponen vegan yang terbuat dari 100% polikarbonat poliuretan dengan Rayon yang diperkuat, serta Dinamica "eco-suede" yang terbuat dari polyester daur ulang dan plastik tertentu.

Baca juga: Dimodifikasi Minimalis, Tesla Model 3 Ini Tampil Lebih Sporty

Tidak hanya itu, Fisker mengatakan bahwa Ocean juga menggunakan bahan karet bekas dari ban bekas yang didaur ulang, meskipun perusahaan tidak menjelaskan bagaimana bahan tersebut diaplikasikan.

Sayangnya, detail mekanis SUV listrik ini masih dirahasiakan oleh perusahaan, meskipun ada pihak yang mengatakan bahwa jangkauan dasar sejauh 402 km sampai 482 km yang bisa diraih bisa ditambah dengan range extender ditawarkan sebagai pilihan.

Baterai juga diperkirakan akan dipasok oleh LG Chem dengan kapasitas sekitar 80 kWh, sedangkan untuk transmisi yang digunakan akan tersedia dalam varian penggerak roda belakang dan penggerak semua roda.

Mengenai produksi dan pengirimannya, informasi terbaru menunjukkan Fisker akan mulai mengirimkan unit produksinya ke konsumen di awal tahun 2022 dengan perakitan dijadwalkan akan dilakukan awal tahun 2021, meskipun Fisker tidak menyebutkan dimana produksi mobil listrik ini akan dilakukan.

Dikabarkan bahwa Fisker Ocean secara resmi diluncurkan pada 4 januari 2020, untuk konsumen yang akan memesan mobil listrik Fisker Ocean ini bisa melakukan deposit sebelum harga resmi diumumkan pada 27 November 2020 mendatang. (Nora Dian Pratama)