POPULAR STORIES

SUV Pintar Ala Wuling, Seperti Apa?

SUV Pintar ala Wuling, Seperti Apa? Foto: KabarOto

KabarOto.com - Wuling Motors memiliki kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) yang pintar, dikatakan demikian karena kendaraan jnis ini menggendong fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS). Dengan menggendong fitur ini, Wuling Almaz RS pun diklaim sebagai sebagai ‘The first leading Intelligent Digital Car’.

Disebut mobil pintar karena bisa mengatur atau bahkan menghindari dari kecelakaan, seperti apa? Ikuti ulasan berikut.

ADAS ini juga sebagai bagian dari inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), fitur ini mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara. ADAS mendukung kewaspadaan pengemudi sehingga dapat mengurangi risiko insiden ketika di jalan raya.

Baca juga: 100 Unit Wuling Air Ev Diserahkan Ke Pemilik

ADAS pada Wuling Almaz RS ini mengandalkan sensor radar dan kamera, juga mendukung fungsi-fungsi bantuan berkendara, seperti Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic Light.

Saat berkendara akan menjaga pengemudi dan penumpang dengan Adaptive Cruise, caranya adalah Adaptive Cruise Control (ACC) akan menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depannya secara otomatis untuk menjaga jarak aman. Kemudian, mobil akan melambat secara otomatis saat memasuki tikungan dengan bantuan Bend Cruise Assist (BCA). Selanjutnya Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA), kedua fitur ini akan secara otomatis menjaga jarak aman sekaligus posisi kendaraan dalam lajurnya saat kondisi lalu lintas macet maupun lancar.

Ada fitur yang berperan memperingatkan pengemudi dan secara aktif mengoreksi arah kendaraaan terkait lajur marka jalan yang ditangkap oleh kamera ADAS, ini masuk Lane Recognition. Dengan perannya ini, akan memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki melalui Lane Departure Warning (LDW). Secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman, melalui fitur Lane Keeping Assist (LKA).

ADAS ini juga menggendong fitur yang akan mendukung keselamatan, kategori Safe Distance & Braking Assistance memiliki fitur aktif maupun bersifat peringatan. Safe Distance Warning (SDW) memberikan peringatan ketika kendaraan di depan tidak berada dalam jarak aman.

Forward Collision Warning (FCW) memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahaya. Selanjutnya, terdapat pula Automatic Emergency Braking (AEB) secara otomatis melakukan pengereman darurat, jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, dan akan dimaksimalkan oleh Collision Mitigation System (CMS) jika tabrakan tidak dapat dihindari.

Baca juga: Wuling Almaz RS Raih Penghargaan Sebagai SUV Populer Di Ranah Digital

Fitur Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) menyesuaikan tingkat kekuatan pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

Selanjutnya, Automatic Light dengan fiturnya yaitu Intelligent Head Beam Assistance (IHMA). Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan ketinggian pancaran cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. Pengemudi dapat berkendara melalui kondisi cahaya yang berbeda-beda saat malam hari tanpa perlu melakukan penggantian mode lampu secara terus menerus.

Terakhir adalah, kelengkapan fitur modern Wuling Interconnected Smart Ecosystem bersama dengan Internet of Vehicle (IoV) pada Intelligent Digital Car dari Wuling, Almaz RS.

Teknologi IoV dapat mengoperasikan berbagai fitur canggih mulai dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, Bluetooth Key yang dioperasikan melalui ponsel pintar.