POPULAR STORIES

Suzuki Carry Pick-Up Makin Jadi Andalan Adira Finance

Suzuki Carry Pick-Up Makin Jadi Andalan Adira Finance Suzuki Carry Pick-Up

KabarOto.com - Perusahaan pembiayaan Adira Finance mengakui jika komersial car pikap menjadi andalan utama bisnisnya. Karena pikap digunakan untuk keperluan sehari-hari dan bisnis. “Saat ini Suzuki Carry Pick-Up, dulu Mitsubishi T1200 dan Gran Max. Yang paling besar segmennya itu pikap kecil,” terang I Dewa made Susila, Direktur Keuangan Adira Finance, di Hotel Pullman, Jakarta Pusat.

Baca Juga: 60 Siswa SMK Berprestasi Dapat Bantuan Dana Pendidikan Dari Adira

Adapun sepeda motor, Adira Finance bekerjasama dengan semua pabrikan. Terbesar saat ini adalah Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. “Hampir semua merek kita bekerjasama, karena kita kan pihak independen, bukan terkait satu merek tertentu,” tambahnya.

Pameran motor Adira di salah satu Mall Jakarta

Lalu bagaimana kondisi pembiayaan semester kedua, menurut Made, tahun ini otomotif tidak terlalu menggembirakan. Penjualan motor untuk sembilan bulan pertama tumbuh 4% untuk wholesale. “Berdasarkan data kita, penjualan diler ke konsumen atau ritel sales itu flat, zero. Jadi itu kondisi yang challenging,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mobil data wholesalenya turun 12%, data ritelnya juga kira-kira 11% turun. “Jadi jumlah unit yang dijual selama sembilan bulan pertama turun sekitar 11-12% berbanding tahun lalu,” tambahnya.

Untuk sepeda motor Adira Finance bekerjasama dengan semua pabrikan

Penurunan itu menurut Made, juga terjadi di segmen penumpang dan segmen komersial. “Komersial lebih dahsyat lagi sekitar 15% penurunannya, artinya kondisinya belum begitu kondusif untuk industri otomotif,” paparnya.

Secara keseluruhan, Adira tidak bisa tumbuh tinggi selama 9 bulan. “Karena kita juga pemain besar di pembiayaan kendaraan baru di mana pasarnya mengalami kontraksi,” tambah Made.

Baca Juga: Angkat Sektor Pariwisata, Adira Finance Kembali Gelar Festival Pesona Lokal

Adira pun secara ekosistem juga sudah bekerjasama dengan marketplace seperti OLX, Tokopedia. “Semua market place kita coba jajaki kerjasama itu. Karena di zaman digital semua ngomong ekosistem, kita tidak bisa berdiri sendiri,” jelasnya lagi.

Di samping kerjasama dengan market place, Adira juga memiliki platform sendiri bernama Momotor dan Momobil.