POPULAR STORIES

Suzuki Dapat Fasilitas Eksklusif Untuk Ekspor Kendaraan Ke Berbagai Negara

Suzuki dapat Fasilitas Eksklusif untuk Ekspor Kendaraan ke Berbagai Negara Ekspor produk Suzuki ke berbagai negara (Foto" Dok Suzuki)

KabarOto.com - Produk-produk unggulan buatan Suzuki Indonesia tak hanya dipasarkan di dalam negeri saja, tetapi juga ke luar negeri. Suzuki pun mendapatkan fasilitas eksklusif berupa kemudahan ekspor kendaraan dari Bea Cukai Indonesia.

Hal tersebut diberikan, karena volume ekspor pabrikan berlambang huruf ‘S’ ini cukup tinggi dan mereka patuh terhadap prosedur ekspor. Kini, kinerja positif tersebut juga membawa Suzuki Indonesia sebagai perusahaan terpilih, untuk menjadi bagian dari proses pembentukan ASEAN AEO MRA (bagian dari Bea Cukai ASEAN).

Baca juga: Meluncur Di GIIAS 2022, Ini Prediksi Harga Suzuki S-Presso Di Indonesia

Melalui MRA ini, perusahaan akan mendapat kemudahan ekspor ke negara-negara ASEAN. Proses Validasi bersama untuk mendapatkan fasilitas eksklusif tersebut, dilakukan oleh anggota Bea Cukai ASEAN melalui acara kunjungan ke pabrik Suzuki di Cikarang, berlangsung (5-6/07/2022).

Suzuki Indonesia mendapat kemudahan ekspor dari Bea Cukai (Foto: Dok Suzuki)

Fauziah A Sani, Chair of the Subworking Group on ASEAN AEO MRA mengatakan, program ini berjalan baik, dan Suzuki Indonesia bersikap kooperatif untuk mendukung program mereka.

“Kami juga berdiskusi dengan Dirjen Bea Cukai Indonesia mengenai penerapan prosedur keamanan yang konsisten dan sesuai,” ujar Fauziah A Sani. Ia mengharapkan, program ini bisa diimplementasikan di 10 negara ASEAN pada tahun 2025.

Kemudahan-kemudahan ekspor yang Suzuki dapatkan, di antaranya proses clearance dipercepat di negara tujuan, pengamanan supply chain. Selanjutnya, pengakuan tingkat kepatuhan prosedur setara di antara negara-negara ASEAN. Pada gilirannya, akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya sehingga kinerja ekspor Suzuki Indonesia dapat terus naik.

Direktur Suzuki Indonesia, Shodiq Wicaksono mengatakan, Suzuki Indonesia menjadi satu-satunya Agen Pemegang Merk (APM) yang dijadikan contoh dalam hal kepatuhan prosedur ekspor oleh Bea Cukai ASEAN.

“Kami merasa bangga dan berterima kasih kepada Bea Cukai Indonesia, sudah percayai kami, berpartisipasi pada kegiatan Validasi Bersama oleh ASEAN AEO MRA,” tutur. Shodiq Wicaksono.

Baca juga: Review Mobil Bekas : Suzuki Swift GX 2014

Sebagai informasi, ASEAN AEO MRA atau ASEAN Authorized Economic Operator Mutual Recognition Arrangement, merupakan salah satu inisiatif di forum Bea Cukai ASEAN.

Dibuat untuk memfasilitasi perdagangan melalui pemberian pengakuan terhadap program AEO yang dimiliki negara-negara anggota ASEAN. Di tengah pengembangan MRA regional, Validasi Bersama dilakukan untuk memastikan bahwa program AEO diimplementasikan oleh seluruh negara anggota.