Suzuki Ecstar Menguji Komponen Baru Pada Tes MotoGP Qatar 2021

Suzuki Ecstar Menguji Komponen Baru Pada Tes MotoGP Qatar 2021 Joan Mir

KabarOto.com – Pada sesi tes pertama pramusim MotoGP 2021 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar selama dua hari (6-7/3) ini, tim asal Jepang, Suzuki Ecstar melakukan tes GSX-RR 2021 dengan komponen baru.

Dengan penggunaan komponen baru tersebut, Joan Mir terkesan dengan performa dari motornya yang makin positif. Terutama pada hari kedua, ia merasa GSX-RR miliknya lebih kencang dari sebelumnya. Mir menutup hari kedua di posisi ke-8 dengan torehan 1 meniit 54.515 detik dari 48 lap.

Baca juga: Disodorkan 2 Sasis Malah Loyo, Ini Komentar Valentino Rossi!

“Hari ini adalah hari yang berat karena kami mencoba banyak hal baru. Seperti sasis, elektronik dan ban. Kami mencoba menemukan cara terbaik untuk maju dan saya senang dengan performanya dan waktu putaran saya sejauh ini. Tim saya telah melakukan pekerjaan yang bagus, tesnya positif dan kami merasa siap untuk sesi tes berikutnya,” ungkap Joan Mir.

Sementara, rekan satu timnya, Alex Rins sempat mengalami kecelakaan. Tetapi ia berhasil menyelesaikan 49 putaran, menduduki posisi ke-10 dengan torehan waktu 1:54,658 detik. Selain itu, Suzuki juga membawa Sylvain Guintoli untuk melakukan pengembangan sasis dan suspensi.

Sylvain Guintoli

“Kami terus bekerja dengan sasis, mencoba beberapa variasi aerodinamis. Kami menemukan beberapa hal baik dan beberapa hal yang tidak bagus, dan sangat menarik untuk membandingkan semuanya. Saya juga ikut mengembangkan suspensi, sasis dan swing arm baru. Ternyata hasilnya sangat positif usai mencobanya,” ungkap Sylvain Guintoli.

Pada musim 2020, Suzuki GSX-RR yang dipakai oleh Joan Mir dan Alex Rins memiliki performa yang mengejutkan. Banyak yang menyebut motor mereka paling seimbang dengan performa konsisten. Tetapi, Suzuki masih memiliki kelemahan bagian mesin, karena untuk meraih top speed masih dinilai kurang.

Baca juga: Ini Reaksi Jorge Martin Usai Menjajal Ducati Desmosedici GP21

Suasana pit lane Suzuki Ecstar

Karena ada regulasi ‘Engine Freeze’, membuat tim Suzuki tidak bisa merubah bagian ini.

“Bisa saya bilang kalau mesin ini benar-benar sama seperti musim lalu. Kami sedang mencari cara untuk terus melakukan peningkatan. Jelas mesin 4 silinder ini masih memiliki kelemahan dikecepatan maksimalnya,” tutup Guintoli.

Nantinya, tim Suzuki tetap akan melakukan pengembangan pada sesi kedua tes pramusim MotoGP Qatar pada 10 Maret mendatang bersama 2 rider utama dan 2 tes rider.