Suzuki Ertiga Mulai Diekspor Melalui Pelabuhan Patimban

Suzuki Ertiga Mulai Diekspor Melalui Pelabuhan Patimban Ekspor Suzuki Ertiga ke Brunei Darusallam

KabarOto.com - Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat baru saja diperkenalkan. Presiden Jokow Widodo melalui virtual, pelabuhan yang dibuat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

Pelabuhan ini, akan menjadi pusat lalu lintas ekspor impor berbagai sektor, yaitu otomotif, pertanian dan lainnya. Pasca diresmikan, pelabuhan inu sudah mulai beroperasi Minggu kemarin (20/12).

Baca Juga: Ekspor Meningkat, Suzuki Buktikan Produk Lokal Diakui Dunia

Bertepatan dengan dimulainya pengoperasian pelabuhan, Suzuki juga melakukan seremoni ekspor 18 mobil ke Brunei Darussalam. Dalam kegiatan ini, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengekspor MPV unggulan, All New Suzuki Ertiga. Pengapalan ini bersama dengan mobil Toyota dan Daihatsu lainnya, total pemberangkatan sebanyak 140 unit.

Seiji Itayama, President Director PT SIM mendapat kehormatan untuk dapat terlibat langsung dalam acara soft launching Pelabuhan Patimban di Jawa Barat, dengan mengekspor All New Ertiga yang, diproduksi di Cikarang, Jawa Barat.

"Kami akan terus mendukung kebijakan pemerintah untuk memulihkan dan mempercepat laju perekonomian, melalui sektor otomotif,” ujarnya.

Suzuki sendiri, selama ini melakukan pengapalan kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok. Adanya pelabuhan Patimban jaraknya cukup strategis.

"Kami harap dapat membantu mengoptimalkan kegiatan sebagai APM industri otomotif," terangnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pun mengatakan Pelabuhan Patimban ini akan mendukung industri otomotif, terlebih jika nantinya ada peningkatan ekspor atau kenaikan volume penjualan domestik kendaraan bermotor.

Baca Juga: Suzuki Buka Suara Soal Rencana Produksi Jimny Di Indonesia

Tingginya minat negara lain, termasuk Brunei Darussalam, terhadap All New Ertiga karena memiliki kualitas yang teruji baik secara performa maupun tampilan. Sejak Januari sampai November 2020, mobil ini menjadi kontributor utama dalam angka ekspor kendaraan penumpang Suzuki. All New Ertiga berkontribusi sebesar 44,5% selama Januari hingga November 2020 untuk ekspor Suzuki, baik CBU maupun CKD.