POPULAR STORIES

Suzuki Gelar Program Clean Up The World Di Area Konservasi Mangrove Pulau Marotai

Suzuki Gelar Program Clean Up The World di Area Konservasi Mangrove Pulau Marotai Program Clean Up The World di area konservasi mangrove (Foto: Suzuki)

KabarOto.com - Suzuki Indonesia memperingati World Environment Day 2023, dengan menggelar program clean up the world di area konservasi mangrove Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara.

“Melalui program Clean Up the World ini, kami berharap dapat mengedukasi dan menggerakkan masyarakat untuk peduli dan menjaga lingkungan sekitar, terutama wilayah laut,” terang Aceng Ulumudin, Department Head of Marine PT Suzuki Indomobil Sales.

Program Clean Up the World Morotai ini diikuti oleh 150 orang, yang terdiri dari anak-anak nelayan, warga sekitar, Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, dan perwakilan pihak PT Suzuki Indomobil Sales serta diler Suzuki Marine.

Baca Juga: Belum Meluncur, Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Dipesan 30 Ribu Konsumen

Program Clean Up the World Morotai ini diikuti oleh 150 orang

Suzuki mengajak seluruh masyarakat yang terlibat langsung untuk mengikuti rangkaian acara yang dilakukan selama Clean Up the World Morotai. Adapun kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan materi dan informasi mengenai cara dan pentingnya memilah dan menggolongkan sampah yang sudah tidak terpakai menjadi 2 golongan, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Dalam durasi 1,5 jam, Suzuki dan masyarakat berhasil mengumpulkan 396 Kg sampah yang utamanya terdiri dari sampah plastik, disertai oleh botol kemasan, plastik kemasan, dan styrofoam. Sebagai bentuk kontribusi secara langsung yang positif bagi kebersihan pantai, Suzuki memberikan donasi berupa 50 unit tempat sampah berukuran 50 liter kepada Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai.

Baca Juga: SIS Klaim, Suzuki V-Strom 250SX Menarik Perhatian Pecinta Off-road

Sebagai informasi, program Clean Up the World merupakan salah satu agenda dari kampanye besar Suzuki Motor Corporation, yaitu Suzuki Clean Ocean Project, di mana kegiatan ini dilakukan setiap tahun untuk menjaga lautan. Dua agenda lain yang dinaungi oleh kampanye Suzuki Clean Ocean Project adalah reduce plastic packaging, yaitu aksi untuk mengurangi pemakaian kemasan plastik pada suku cadang resmi mesin tempel suzuki, dan collect marine micro-plastic waste, yang direalisasikan lewat pemasangan teknologi microplastic collecting device pada mesin DF115B Suzuki.

Tercatat telah ada 13.000 orang yang berpartisipasi pada kegiatan ini terhitung sejak Clean Ocean Project yang diselenggarakan secara global pada tahun 2010. Bahkan per Desember 2022 kampanye ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 28 ton material plastik.