Suzuki GSX-S1000 2021 Meluncur, Tampil Lebih Gahar Dengan Mesin Baru

Suzuki GSX-S1000 2021 Meluncur, Tampil Lebih Gahar dengan Mesin Baru Sumber Foto : Suzuki

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Jepang, Suzuki baru-baru ini meluncurkan motor sport naked mereka yakni GSX-S1000 2021.

Secara penampilan, ubahan paling terlihat pada penggunaan lampu model baru dengan dua LED proyektor. Serta di bagian bodi kini memiliki garis-garis lebih agresif. Lalu, penggunaan panel samping dengan desain baru dan winglet yang terinspirasi dari MotoGP.

Baca juga: Honda CB400F Dan CB400X Hadir Di Shanghai Auto Show 2021

Selain tampilan, bagian sasis kini juga berubah dengan penggabungan GSX-R1000 2016 untuk memberikan kesan sporty dan handling yang lebih baik. Penggunaan setang baru yang lebih lebar 23 mm dan dipasang lebih dekat 20 mm agar memberikan kenyamanan lebih baik untuk pengendara.

Setang ini dipadukan suspensi teleskopik lansiran KYB yang dapat disetel dengan shock belakang dengan preload dan rebound yang dapat diatur sesuai selera. Pelek depan model baru dengan ukuran 17 inci ini dipadukan cakram depan 310 mm dengan kaliper monoblock lansiran Brembo tentu sudah ABS.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun Ke-75, Ini Pertumbuhan Produksi Vespa Sejak Lahir Hingga Sekarang

Bicara soal performa, menggunakan mesin yang sudah diperbarui dengan unit 4 silinder DOHC berkapasitas 999 cc, mampu menghasilkan tenaga hingga 150 dk dengan torsi 107 Nm. Tenaga tersebut disambung melalui transmisi manual 6 percepatan dengan slipper clucth dan sistem Suzuki Clutch Assist untuk mencegah ban belakang terkunci saat perpindahan gigi. Tidak hanya itu, terdapat quickshifter dan auto-blipper.

Mesin ini juga mendapatkan ubahan termasuk camshaft intake, profil camshaft yang direvisi, pegas katup baru, kopling, airbox dan sistem pembuangan baru dengan konverter katalis tambahan untuk memunuhi standar Euro 5.

Baca juga: Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2026

Tampilan instrumen kluster

Selain mesin, ada perangkat elektronik baru yang hadir di motor ini termasuk, Suzuki Inteligent Ride System (SIRS) dan Suzuki Drive Selector (SDMS) dengan tiga mode (A hingga C). Fitur baru ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kontrol dan penyaluran tenaga ke roda belakang.

Motor Suzuki dengan tampilan streetfighter ini hadir dengan tiga pilihan warna yakni metallic triton blue, mechanical matte gray dan stealthy gloss black. Motor ini akan hadir pada akhir Juni mendatang di Eropa dengan harga 10.999 poundsterling atau setara Rp 221 jutaan.