POPULAR STORIES

Suzuki GSX-S950, Bukan Berarti Tak Bernyali

Suzuki GSX-S950, Bukan Berarti Tak Bernyali

KabarOto.com - Suzuki Eropa emberikan pilihan baru bagi pengendara yang belum punya nyali menggeber mesin beringas 1.000 cc ke atas. Sedianya bulan Agustus, konsumen bisa meminang Suzuki GSX-S950.

Tampilan Suzuki GSX-S950 memang gahar, bahkan tenaganya cukup ideal bagi yang sudah lebih baik mengendarai motor roda dua bertenaga kuat. Di atas kertas, kapasitas empat silidernya memiliki 999 cc dengan kompresi 12,2:1. Tenaga sajikan 94 dk pada 7.800 rpm dan torsinya 92 Nm pada 6.500 rpm.

Baca juga: 14 Fitur Canggih Kawasaki Ninja ZX-10R 2021

Tapi ada tombol khusus yang membuat GSX-S950 ini jinak, hanya bisa kerahkan tenaga 47 dk. Pastinya bahan bakar lebih efisien, Suzuki memastikan bahwa tak mengorbankan kesenangan berkendara, kepercayaan diri melakukan kontrol, ramah digunakan serta tampilan sangar.

Suara juga mendukung, meski sudah sesuai dengan standar emisi gas buang Euro 5. Desain termasuk adanya catalytic converter kedua di dalam selongsong, namun tetap tersambung satu sama lainnya melalui konvigurasi 4-2-1.



Adanya Suzuki Clutch Assist System (SCAS) membuat pengendara lebih mudah melakukan perpindahan transmisi tanpa repot menarik tuas. Selain itu mencegah terjadinya roda terkunci saat melakukan engine brake.

Meskipun sudah ada sistem deselerasi dari Tokico kaliper monobloc dengan empat piston menjepit cakram ganda berdiameter 310 mm untuk depan. Redaman ke permukaan jalan andalkan Kayaba tipe upside down berdiameter 43 mm, memiliki jarak main 130 mm.



Cengkeraman ke aspal andalkan Dunlop Sportmax Roadsport 2 tipe radial. Diyakini punya kompon yang berikan kepercayaan diri saat melibas lintasan basah, ban lekas mendapat suhu tepat. Ban depan ukuran 120/70 ZR17 dan belakang 190/50 ZR17.

Oh iya, secara keseluruhan dimensi memiliki panjang 2.115 mm, lebar 810 mm dan tinggi 1.080 mm. Jarak sumbu roda disiapkan 1.460 mm dengan ground clearance 140 mm. Tinggi jok 810 mm, masih tetap mudah dijangkau ketika stop & go di kepadatan lalu lintas.



Suzuki GSX-S950 dihadirkan Suzuki Easy Start and Low RPM Assist, cukup dengan sekali tekan tombol start/ Tak perlu menarik tuas kopling dengan catatan posisi gigi netral. Kemudian motor starter akan secara otomatis melepaskan diri ketika mesin sudah menyala.

Baca juga: MV Agusta Brutale 1000 RR "The Extreme Hyper Naked"

Suzuki Traction Control System merupakan fitur penting agar Suzuki GSX-S950 jinak ketika menikung terlalu cepat membuka gas. Sehingga menjamin tak akan tergelincir akibat kehilangan cengkeraman ban.

Pilihan warna GSX-S950 cukup menarik, mulai dari Pearl Brilliant White (YUH), Metallic Triton Blue (YSF), dan Metallic Matt Black No.2 (YKV). Soal harga, sabar ya Sob!