POPULAR STORIES

Suzuki Hayabusa 2021 Generasi Ketiga, Pilih Jinak Atau Liar?

Suzuki Hayabusa 2021 Generasi Ketiga, Pilih Jinak atau Liar?

KabarOto.com - Suzuki Hayabusa 2021 yang merupakan generasi ketiga hyperbike lansiran Jepang, diperkenalkan Jumat kemarin, (5/2). Yup, 13 tahun berlalu setelah generasi kedua, diklaim banyak ubahan dan juga teknologi yang diusung. Wajar, belum ada pesaingnya sebagai motor terkencang di jalan raya.

Ada tambahan 100 cc berbanding Hayabusa Gen.2, kini mesin Suzuki Hayabusa berkapasitas 1.340cc. Meski begitu ada penyesuaian ruang empat silinder agar emisi yang dihasilkan sesuai dengan aturan Euro 5. Performa yang dihasilkan yakni tenaga 187 dk dan torsi 150 Nm berkat kompresi 12,5:1. Motor ini memiliki konsumsi bahan bakar 14,9 kpl.

Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC) adalah rancangan di ruang bakar agar udara bisa lebih banyak masuk ke ruang bakar ketika katup mulai terbuka. Diimbangi oleh Suzuki Side Feed Injectors (S-SFI), berfitur dua injektor di tiap silinder, agar pengabutan lebih halus di ruang bakar.

Dikemas memiliki bobot 264 kg dengan dimensi panjang 2.180 mm, lebar 735 mm, dan tinggi 1.165 mm. Seperti yang KabarOto beritakan saat bocornya video tentang motor ini sebelumnya, motor ini juga dilengkapi banyak fitur.

Salah satunya adalah cruise control dan pembatas kecepatan ketika di jalan bebas hambatan. Setelan dilakukan di setir kiri, dari kecepatan 31 kpj hingga 200 kpj. Bukaan gas akan menutup otomatis ketika tuas rem ditekan, akan kembali melaju ketika tuas rem dilepas sesuai batas kecepatan yang diinginkan. Oh iya, saat memainkan cruise control putaran mesin bermain di 2.000 hingga 7.000 rpm dengan posisi transmisi di 2 hingga tertinggi.

Baca Juga: Setelah Bocor Teaser, Ini 10 Detail Terbaru Suzuki Hayabusa 2021

Fitur lain yang terbilang baru di sepeda motor yakni hill hold control, fungsinya menahan agar kendaraan tidak mundur saat pengendara melepas rem dan bersiap memutar tuas gas ketika berada di tanjakan. Motor ini juga dibekali IMU 6-axis baru yang hadir dengan cornering ABS.

Baca juga: Suzuki Ecstar Akan Meluncurkan Tim MotoGP 2021 di Qatar

Suzuki Intelligent Ride System alias SIRS yang menampilkan SDMS (Suzuki Drive Mode Selector) juga hadir sebagai fitur standar. Adapun bisa mengatur mode tenaga, traction control, control engine brake, cruise control, dan sistem control anti-wheelie.

Bi-directioan Quick Shift System merupakan proses perpindahan transmisi yang bukan seperti biasa. Karena Suzuki mengklaim benar-benar seperti motor balap. Ada di Mode 1, reaksinya seperti motor khusus sirkuit. Sedangkan di Mode 2 perpindahannya lebih halus. Diatur oleh ECM, agar suplai bahan bakar hingga pengapian sesuai dengan reaksi bukaan gas.

Nah, kalau launch control Hayabusa teranyar ini, bisa dipilih sesuai kemampuan pengendara. Membatasi putaran mesin mulai dari 4.000 rpm (Mode 1), 6.000 rpm (Mode 2), dan terakhir di angka 8.000 rpm (Mode 3). Sobat KabarOto bisa pilih Hayabusa ini melesat jinak atau liar!

Emergency Stop Signal diyakini menjadi peringatan bagi pengendara lain ketika menempel Hayabusa ini. Karena saat melakukan pengereman di kecepatan 55 kpj ke atas, lampu flasher/ sein kanan kiri akan menyala serempak. Sehingga pengendara di belakang bisa mewaspadai adanya kemungkinan insiden. Tapi untuk fitur ini, tak akan ada di negara Amerika Utara, India maupun Kanada.

Melesat di jalan raya, Suzuki Hayabusa mempercayakan Bridgestone Battlax Hypersport S22. Diyakini punya kemampuan maksimal di jalan kering dan daya cengkram saat kondisi lintasan basah. Kontur ban diciptakan agar motor ini bisa diajak berakselerasi hingga menikung rebah. Profil ban 120/70ZR17 untuk depan dan 190/50ZR17 untuk belakang.

Pengereman selain didukung oleh ABS pintar, diameter cakram juga lebih besar 10 mm, menjadi 320 mm. Lubangnya juga ditata untuk mereduksi panas, sehingga pengereman bisa memberikan kepercayaan diri. Dikawal oleh Brembo Stylema empat piston untuk depan. Sementara belakang lansiran Nissin dengan satu piston.

Eropa akan menjadi pasar pertama yang menerima Hayabusa 2021 dengan 3 pilihan warna, pada akhir bulan ini. Sportbike baru tersebut diharapkan akan diluncurkan juga di Amerika Utara dan Jepang.