Suzuki Ingin Ganti Iannone Dengan Lorenzo

Dimas Satrio Utomo
Dimas Satrio Utomo 13 Apr 2018 - 19:11
Suzuki Ingin Ganti Iannone Dengan Lorenzo
Jorge Lorenzo (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images AsiaPac)

KabarOto.com - Tim Suzuki Ecstar berencana untuk menghasut Jorge Lorenzo, agar mau pindah dari Ducati pada musim 2019 mendatang. Menurut laporan Autosport, Jumat (13/04), rider asal Spanyol itu dipersiapkan untuk menggantikan posisi Andrea Iannone yang kerap tampil angin-anginan.

Sejak didatangkan dari Ducati, pada awal musim 2017, Iannone diharapkan mampu mengulang performa impresif yang ditunjukkan rider sebelumnya, Maverick Vinales.

Namun nyatanya, rider Italia itu tak mampu memenuhi ekspekstasi tinggi yang dibebankan padanya. Musim lalu, ia hanya mampu menempati posisi ke-13 klasemen akhir MotoGP.

Memasuki musim 2018, tim Suzuki berharap peruntungan Iannone berubah dan mampu tampil lebih baik dibanding musim lalu. Harapan cerah itu sempat terlihat pada seri perdana MotoGP, Qatar, dimana ia mampu finish di posisi ke-9, sementara rekan setimnya Alex Rins gagal finish.

Baca Juga: Dituduh Jadi Penyebab Jatuhnya Pedrosa, Ini Penjelasan Johann Zarco

Namun pada seri kedua MotoGP Argentina, Iannone gagal menunjukkan performa bagusnya, hanya mampu finish di posisi ke-8. Ia kalah bersinar dari Alex Rins yang mampu meraih podium lewat finish di peringkat ketiga. Hasil ini membuat Suzuki berhasil menorehkan podium pertamanya di musim 2018.

Jika dilihat dari hasil klasemen sementara MotoGP, posisi Iannone berada di bawah Alex Rins. Rins memimpin dengan koleksi 16 poin di peringkat ke-9, sementara Iannone tepatnya di bawahnya dengan koleksi 15 poin.

Di lain pihak, masa-masa sulit juga tengah dialami Jorge Lorenzo bersama tim Ducati. Dibanding memperbaiki performanya yang terus mengalami penurunan, pembalap berusia 30 tahun justru lebih sering berkutat dengan masalah seperti pemotongan gaji, memecat pelatih balap yang baru, hingga masalah rem rusak motor Desmocedici.

Baca Juga: Alami Patah Tulang Jari, Pedrosa Bakal Absen di Austin?

Tahun ini bahkan menjadi musim terburuk Lorenzo selama berkarier di dunia balap MotoGP. Pasalnya, hingga seri kedua Argentina digelar, Lorenzo baru mengoleksi satu poin di klasemen sementara MotoGP. Hasil yang cukup buruk bagi pembalap dengan koleksi 3 gelar juara dunia.

Menyadari hal tersebut, Lorenzo pun memikirkan untuk pindah tim pada musim depan jika memungkinkan. Komentar Lorenzo itu ditanggapi positif oleh Suzuki dan berharap pemegang 3 gelar juara dunia itu mau bergabung dengan mereka pada musim depan.

Editor : rio