POPULAR STORIES

Suzuki Marine Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik Di Lautan

Suzuki Marine Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik di Lautan Mesin tempel kapal Suzuki tipe DF115B (Foto: Suzuki Marine)

KabarOto.com - Suzuki Marine menggelar kampanye "Suzuki Clean Ocea Project" yang berfokus pada kegiatan mengurangi sampah plastik di lautan.

Untuk mendukung upaya tersebut, Suzuki Marine hadirkan fitur Microplastic Collecting Device yang disematkan pada mesin tempel kapal Suzuki tipe DF115B.

Baca Juga : Modifikasi Suzuki Jimny, Tambahan Turbo

“Fitur ini bekerja untuk menyaring mikro-plastik yang tersedot ke dalam mesin saat kapal sedang dioperasikan," ujar Aceng Ulumudin, Department Head of Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Fitur Microplastic Collecting Device

Sebagai informasi, fitur Microplastic Collecting Device sudah tersedia di Indonesia pada mesin tempel kapal Suzuki tipe DF115B. Fitur ini diklaim tidak mempengaruhi performa mesin tempel kapal Suzuki karena hanya memanfaatkan sirkulasi air yang telah digunakan untuk mendinginkan mesin.

Baca Juga : Suzuki Satria F150 Diberi Warna Spesial, Lebih Sporty

Menurut penelitian internal yang telah dilakukan sebelumnya di Jepang, sampah mikro-plastik ditemukan di dalam zat yang dikumpulkan melalui filter. Penelitian ini tidak hanya dilakukan di Jepang, melainkan juga di beberapa negara lain. Maka dari itu, pengguna atau pemilik kapal bermesin Suzuki turut berkontribusi menjaga kebersihan lautan dari sampah mikro-plastik.

Pemasangan fitur pada mesin tempel kapal Suzuki ini merupakan salah satu dari tiga komitmen Suzuki Marine dalam kampanye “Suzuki Clean Ocean Project” yang sudah dilakukan secara global sejak tahun 2011. Komitmen pertama adalah kegiatan bersih-bersih yang dilakukan di pesisir pantai, kedua mengurangi penggunaan kemasan plastik dan ketiga mengumpulkan sampah plastik di laut.