Suzuki Optimis Ertiga Bisa Bersaing Dengan LMPV Lainnya

Suzuki Optimis Ertiga Bisa Bersaing dengan LMPV Lainnya

KabarOto.com - Low MPV begitu diminati oleh masyatakat Indonesia. Selain mampu menampung 7 orang penumpang, kendaraan ini juga diklaim irit bahan bakar. Gemuknya pasar LMPV membuat banyak pabrikan menyegarkan penampilannya. Di antaranya Mitsubishi XPander, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

PT SIS pun memiliki sebuah produk bernama Ertiga. Bahkan saat Mitsubishi, Toyota dan Daihatsu memberikan ubahan baru untuk LMPV-nya, pabrikan asal Jepang ini pun menyegarkan tampilan, dengan nama All New Suzuki Ertiga Sport FF.

Baca juga: Suzuki Targetkan Penjualan Di GIIAS Mencapai 1.300 Unit

Lalu apa tanggapan Suzuki soal produknya yang diapit oleh kompetitor? Head of Product Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donel, menuruturkan, mereka senang dengan hadirnya banyak model baru di segmen ini. Hal itu bisa menggairahkan kembali pasar mobil low MPV.

"Yang pasti kita pertama sangat mengapresiasi market LMPV ini kembali bergairah ya, setelah mungkin beberapa tahun turun terus," terang Harold, di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/11). Kontribusi segmen ini sekarang tinggal 15%, dulu masih puluhan persen.

"Mudah-mudahan dengan banyaknya LMPV baru di tahun, dan dilaunching saat GIIAS (2021), menggairahkan kembali market LMPV supaya nggak terlalu kalah dengan market-market yang lain," tambah Harold.

Suzuki menurut dia, selalu menyambut positif untuk setiap produk-produk yang ada. "Dari teman-teman lain, dan itu akan membuat market otomotif lebih baik lagi dan juga konsumen bisa lebih memilih, produk mana yang paling diunggulkan," terang Harold lagi.

Dia pun mewakili Suzuki mengaku optimis, Suzuki Ertiga bisa bersaing dengan kompetitor yang lebih fresh. Di antaranya All New Toyota Avanza dan Mitsubishi New Xpander.

"Tapi Suzuki tetap akan positif, All New Ertiga masih tetap bisa kompetitif, bersaing dengan teman-teman yang mungkin baru diluncurkan di tahun 2021 ini," tambah dia.

Suzuki telah merilis data, Ertiga penjualannya cukup banyak di tahun 2021 ini. Sepanjang Maret sampai Oktober 2021, penjualan Ertiga menyentuh angka 8.561 unit (wholesales) atau tumbuh 338% dari penjualan wholesales Maret sampai Oktober 2020 yang hanya mencapai 1.954 unit.

Seperti diketahui, dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Suzuki perkenalkan New Suzuki Ertiga Sport FF. Model yang dibuat khusus hanya 125 unit ini tampil lebih sporty, atraktif, dan modern.

Baca juga: Ini Alasan All New Suzuki Ertiga Sport FF Hanya 125 Unit

New Suzuki Ertiga ini juga dilengkapi fitur E-mirror, Electronic Stability Programme (ESP), dual SRS airbags, ISOFIX, ABS+EBD, Hill Hold Control untuk transmisi otomatis (AT), serta AC auto climate with heater, reverse camera & parking sensor, dan projector headlamp with LED DRL.