Suzuki Siapkan Mobil Listrik Murah, Segera Produksi

Suzuki Siapkan Mobil Listrik Murah, Segera Produksi Mobil listrik Suzuki (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Hampir seluruh produsen otomotif di dunia membuat mobil listrik. Kendaraan ramah lingkungan itu, akan menggantikan mesin konvensional, agar udara di bumi bersih bebas polusi.

Suzuki menjadi salah satu pabrikan yang konsen terhadap kendaraan listrik roda empat. Pabrikan dengan lambang huruf 'S' itu tengah persiapkan mobil listrik dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Suzuki Dan Daihatsu Gabung Proyek Mobil Listrik Komersial

Dikutip dari Nikkei, perusahaan asal jepang ini sudah mengumumkan melalui mitranya, Maruti Suzuki India Limited (MSIL), akan perkenalkan mobil listrik pertama di India. Setelah itu akan dipersiapkan untuk negara lainnya.

Suzuki Wagon R EV diprediksi bakal segera meluncur (Foto: Istimewa)

Mobil listrik ini, dijual dengan harga 1,5 juta Yen atau sekitar Rp197 jutaan. Harga tersebut, sudah termasuk insentif mobil ramah lingkungan di Jepang. Namun, harga tersebut bisa lebih murah lagi, jika pemerintah setempat mobil itu dipasarkan memberikan insentif yang lebih besar untuk kendaraan berbasis baterai.

Contohnya di India. Di negeri Hindustan, masyarakat yang ingin membeli mobil listrik diberi insentif. Karena India target tahun 2030 kendaraan listrik yang beredar di sana mencapai 30%.

Baca Juga: Sketsa SsangYong X200 Sekilas Mirip Suzuki Jimny

Lalu model apakah yang akan digunakan pada listrik ini? Jika dilihat dari kabar yang beredar belakangan ini di media otomotif, Maruti Suzuki beberapa waktu lalu sedang melakukan tahap uji jalan untuk Wagon R EV. Mobil ini menggunakan basis Wagon R generasi terbaru.